Jumat, 26 April 2024

Profesor Arif Adimoelja, Sosok Pionir Spesialis Andrologi Indonesia Berpulang

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Alm. Prof. Dr. FX. Arif Adimoelja, dr., M.Sc., Sp.And(K), Kamis (3/3/2022). Foto: Humas FK Unair

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) memberikan penghormatan terakhir kepada Almarhum. Prof. Dr. FX. Arif Adimoelja, dr., M.Sc., Sp.And(K). Upacara dilakukan di halaman Aula FK Unair, Kamis(3/3/2022).

Prof Arif wafat pada Selasa, 1 Maret 2022 pukul 06.23 WIB di usia 88 tahun.  Guru Besar Departemen Biologi Kedokteran wafat karena komplikasi yang dideritanya.

Prof. Dr. Budi Santoso,dr., Sp.OG(K)  Dekan FK Unair, menuturkan, Prof. Arif merupakan ahli andrologi pertama di Indonesia. Berkat profesor asal Wonosobo ini, FK Unair memiliki Prodi Andrologi yang hanya ada satu-satunya di Indonesia.

“Beliau adalah pionir spesialis andrologi di Indonesia,” terangnya.

Seperti diketahui, andrologi merupakan satu bidang yang berkaitan dengan infertilitas, seksualitas, aging proces, kontrasepsi dan tumbuh kembang reproduksi pria. Di Indonesia sendiri, tak begitu banyak dokter yang menekuni spesialisasi tersebut. Apalagi di Tahun 70 an saat ia merintis dari awal.

“Sehingga beliau adalah sosok yang jarang ada. Namun beberapa muridnya kini sudah banyak tersebar di Indonesia,” lanjut dekan yang akrab disapa Prof Bus ini.

Sebagai informasi,Prof.  Arif merupakan guru besar senior di FK Unair. Ia diangkat menjadi guru besar pada tahun 1998. Mendalami bidang Andrologi pada 1974 di Leuven, Belgia. Prof. Arif menggawangi organisasi Perhimpunan Spesialis Andrologi Indonesia(Persandi). Dari situlah, organisasi berkembang besar menjadi Kolegium Andrologi Indonesia. (man/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs