Sabtu, 4 Mei 2024

Program ‘Warung Sedekah’ YDSF Beri Layanan Makan Gratis di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Program YDSF 'Warung Sedekah' di Jl. Karet Surabaya memberikan layanan makan gratis bagi yang membutuhkan. Foto: YDSF

Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF), Lembaga Amil Zakat Nasional yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur membuat layanan makan gratis berupa ‘Warung Sedekah’ yang berlokasi di Jalan Karet 12 Surabaya atau kawasan Kembang Jepun.

Jauhari Sani Direktur Pelaksana YDSF mengatakan, warung ini sebagai upaya memberikan layanan makan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami ingin membantu sesama. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat juga belum membaik. Siapapun boleh mampir. Tak terkecuali,” kata Hari sapaan akrab Jauhari Sani saat siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (9/12/2022).

Hari mengatakan, sekitar 200 porsi menyajikan menu yang berbeda setiap harinya yang diberikan secara gratis bagi siapa saja yang datang ke warung itu.

Warung Sedekah dibuka mulai jam makan siang atau setelah salat Zuhur, tambah Hari.

Masyarakat yang datang dan makan gratis di Warung Sedekah YDSF di Jalan Karet Surabaya. Foto: YDSF

Dia menjelaskan, program ‘Warung Sedekah’ ini baru dibuka sepekan ini dengan menempati rumah milik donatur YDSF. Kebanyakan yang hadir di warung itu adalah ojek online, pekerja panggul, dan warga sekitar Jalan Karet.

Rochmad Hidayat Manajer Sosial Kemanusiaan YDSF menambahkan, ratusan porsi makanan itu dibeli dari penjual makanan dan warung-warung di sekitar lokasi. Sehingga program ini juga memberdayakan masyarakat dan menambah penghasilan bagi mereka.

“Alhamdulillah, program ini kami buat agar memberi dampak ekonomi bagi warga masyarakat. Sehingga nantinya kebermanfaatannya bisa lebih panjang,” ujar Rochmad.

Agar tidak membosankan, lanjutnya, menu makanan setiap hari selalu berganti. Mulai dari pecel lele, ayam geprek, soto, nasi campur, hingga nasi babat.

Rencananya, program tersebut akan terus dilakukan dengan melibatkan banyak penjual makanan.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dapat pesanan tiap hari. Kalau jualan di rumah biasanya laku 10 sampai 15 porsi. Sekarang dari pesanan ini dapat jualan 40 porsi,” kata Rohmah, salah satu warga penyedia makanan.

Dia berharap, program YDSF ini dapat terus berjalan untuk membantu perekonomian warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari.(tik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs