Jumat, 19 April 2024

Provinsi Hainan Percepat Pemulangan Wisatawan terdampar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Wisatawan yang terdampar melakukan check-in di Bandar Udara Internasional Meilan Haikou di Haikou, Provinsi Hainan, China selatan, pada 14 Agustus 2022. Foto: Antara

Provinsi Hainan di China selatan, telah membantu wisatawan yang terdampar Covid-19 untuk pulang ke daerah asalnya.

Hingga Minggu (14/8/2022), seperti yang dilansir Antara, pada Kamis (18/8/2022), sebanyak 27.211 wisatawan yang terdampar telah meninggalkan Sanya dan Haikou, Ibu Kota Provinsi Hainan, dengan pesawat terbang.

Situasi Covid-19 di Sanya, kota resor pesisir di Hainan, terus berkembang, dengan jumlah infeksi harian yang masih tinggi.

Namun, menurut kantor pusat pencegahan dan pengendalian Covid-19 provinsi tersebut, sebagian besar infeksi baru itu ditemukan di kalangan warga yang dikarantina.

Situasi epidemi di sejumlah kota dan wilayah di Hainan, termasuk Danzhou dan Lingshui, masih dalam tahap perkembangan, dengan penularan di kalangan masyarakat yang teridentifikasi.

Sebelumnya, Provinsi Hainan di China selatan telah melaporkan 4.390 kasus terkonfirmasi Covid-19 dan 4.493 kasus tanpa gejala yang menimpa masyarakat setempat dan 80 ribu wisatawan di hawai China tersebut.

Sehingga, hotel yang ada di wilayah tersebut memberikan diskon 50 persen bagi wisatawan yang terdampak sebagai tempat isolasi mandiri selama terpapar Covid-19.

Sementara itu, Jin Yuming kepala ahli Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hainan menunjukkan, kasus tersebut disebabkan oleh subvarian Omicron BA.5.

Subvarian Omicron BA.5 menjadi galur (strain) Covid-19 dominan di seluruh dunia dan menyebabkan infeksi klaster di China.  (ant/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs