Kamis, 9 Mei 2024

Puan Maharani Raih Penghargaan Inspirator Perempuan Indonesia 2022

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI dalam rapat paripurna DPR RI yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/2/2022). Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI meraih penghargaan dari Rakyat Merdeka Award 2022 sebagai “Inspirator Perempuan Indonesia”.

Selain untuk Ketua DPR, penghargaan yang diselenggarakan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Rabu (28/09/2022) malam, juga diberikan kepada 30 tokoh lainnya.

Dalam pengantarnya, Kiki Iswara Darmayana Direktur Utama Rakyat Merdeka/CEO RM Group mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari dua tahun terakhir membawa banyak dampak dan perubahan terhadap kondisi kesehatan, sosial, perekonomian, hingga pertahanan dan keamanan.

Di tengah kondisi itu, Puan Maharani dinilai tetap fokus memimpin DPR salah satu pilar demokrasi Indonesia.

Menurutnya, Puan bisa menjalankan seluruh tugas dan fungsi lembaga perwakilan rakyat di tengah pandemi Covid-19. Kiprahnya itu bisa menjadi inspirasi kaum perempuan di Tanah Air.

Di bidang legislatif, lanjut Kiki, Puan memimpin pengesahan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/4).

Kehadiran UU itu menjadi salah satu bukti peran dan keberpihakan Puan kepada kaum perempuan Indonesia.

Beberapa organisasi perempuan turut hadir untuk menyaksikan pengesahan UU TPKS dan berterima kasih karena Puan merealisasikan komitmennya.

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu mengawal dinamika RUU TPKS dari pertama kali diusulkan pada 2016, dan menjadi salah satu tokoh yang memperjuangkan pengesahan UU TPKS.

Selain bidang legislatif, kiprah Puan dalam menjalankan fungsi pengawasan dan anggaran DPR juga dinilai optimal. Dia membawa DPR dan Pemerintah bersinergi secara baik dalam menangani berbagai dampak dan persoalan yang terjadi.

Kiki juga menyatakan tokoh-tokoh yang meraih anugerah Rakyat Merdeka Award 2022 sudah memberikan segala sumbangsih terbaiknya, berdedikasi tinggi serta bekerja sepenuh hati untuk pemulihan dan kebangkitan Indonesia.

“Kontribusi dan kerja keras mereka membuat Indonesia kita, kembali baik perekonomiannya, mampu bertahan dari situasi global yang berat. Selain itu, kondisi keamanan dalam negeri tetap stabil, terkendali. Bahkan makin diperhitungkan di kancah dunia,” kata Kiki Iswara.

Penghargaan yang diberikan kepada sejumlah tokoh, sambungnya, sudah melalui serangkaian pembahasan.

“Semoga penghargaan Rakyat Merdeka Award 2022, untuk Indonesia Pulih & Bangkit, menjadi penguat dan penyemangat untuk terus bekerja demi Indonesia kita tercinta,” kata Kiki.(faz/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
27o
Kurs