Jumat, 29 Maret 2024

Puasa Momentum Tingkatkan “Taqarrub” dan Introspeksi Diri

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden RI memberikan sambutan secara virtual pada acara Syiar Islam dan Tarhib Ramadan 1443 H Majelis Ulama Indonesia, di Jakarta, Kamis (31/3/2022). Foto: Antara

Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI berpesan bahwa bulan puasa adalah momentum untuk melakukan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT serta melakukan introspeksi diri.

“Saat berpuasa adalah waktu tepat bagi kita meningkatkan taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah SWT, sekaligus melakukan muhasabah atau introspeksi diri untuk menjernihkan hati dan pikiran,” kata Wapres dalam ucapan menyambut 1 Ramadan 1443 Hijriah, Sabtu (2/4/2022) mengutip Antara.

Wapres mengajak umat Islam memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, dzikir, shalawat, dan sedekah, serta berdoa kepada Allah SWT supaya diberikan perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya dalam rangka menolak bala khususnya dari pandemi Covid-19.

Wapres juga berpesan kepada seluruh umat Islam menjadikan Ramadan sebagai bulan memperbanyak sedekah, termasuk mengeluarkan zakat mal.

“Jangan menjadikan Ramadan sebagai bulan yang lebih konsumtif. Tapi bulan keprihatinan,” tuturnya.

Wapres mengatakan bulan Ramadan momentum tepat untuk melakukan penguatan solidaritas kemanusiaan serta memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.

Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, Wapres mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

“Semoga segala amalan yang kita lakukan dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridhai setiap upaya yang kita lakukan,” ujarnya.(ant/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs