Senin, 26 September 2022

Puluhan Kartar Jatim Bagikan Sembako Murah di 20 Kabupaten/Kota

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Aktivitas para anggota kartar di Pasar Hepiii saat melayani para pelanggan membeli sembako dengan harga murah. Foto: Heppiii Community Jatim

Puluhan karang taruna (Kartar) dari 20 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam Heppiii Community Jawa Timur membuat gebrakan hebat. Melalui program Pasar Heppiii, para Kartar tersebut membagikan sembako kepada ribuan warga.

Barang-barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari tersebut tidak diberikan gratis, tapi harus dibeli dengan biaya murah.

“Program Heppiii ini merupakan pergerakan dari kartar-kartar yang tergabung dalam Heppiii Community di Jawa Timur untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako. Masyarakat membayar sembako tersebut dengan harga murah,” jelas Ronald Theo Lesmana Koordinator Heppiii Community di Surabaya, melalui keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Senin (13/6/2022).

Program Pasar Heppiii merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda tahunan kartar-kartar Heppiii Community di Jawa Timur setelah Lebaran. Melalui kegiatan ini, karta Heppiii Community dapat berbagi dengan masyarakat di ratusan desa yang selama ini terus mendukung kegiatan positif mereka.

“Kartar sudah menjadi bagian penting dari kemajuan desa. Dengan masuk menjadi bagian dari Heppiii Community, kami ingin kartar-kartar ini dapat berperan lebih besar bagi kemajuan desa dan kesejahteraan warganya,” tutur Ronald.

Program Pasar Heppiii tahun ini menjangkau puluhan desa di berbagai kabupaten dan kota. Di antaranya Banyuwangi, Bojonegoro, Jember, Jombang, Kediri, Malang, Lamongan, Lumajang, Madiun, Madura, Kabupaten Malang, Mojokerto, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, dan Tuban.

Di setiap kabupaten/kota tersebut jumlah kartar yang menggelar program Pasar Heppiii beragam. Rata-rata jumlah sembako yang dibagikan sekitar 500-1.000 paket.

Ronald mengungkapkan, banyak kartar Heppiii Community di Jawa Timur yang telah berhasil dan menjadi pionir dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Dia kemudian mencontohkan Kartar Patriot di Desa Brumbungan Lor, Probolinggo. Melalui program perpustakaan desa (Perpusdes) kartar ini telah menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Timur.

Bahkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi terhadap program ruang belajar online atau daring yang dimiliki Perpusdes ini.

Kemudian kartar di Madiun, Ponorogo juga banyak menggerakkan UMKM setempat melalui usaha mandiri mereka.

“Kami bersyukur dan memberikan apresiasi tinggi atas konsistensi teman-teman Kartar Heppiii Community untuk terus memajukan desanya. Kami percaya jika anak-anak muda di desa semakin kreatif dan berdaya, kemajuan desa juga akan semakin cepat terwujud,” ungkap Ronald.

Selama program Pasar Heppiii digelar, banyak kegiatan lain juga mengiringi. Beragam hiburan tradisional juga menjadi menu lain yang dapat dinikmati masyarakat selama kegiatan berlangsung. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 26 September 2022
25o
Kurs