Sabtu, 27 April 2024

Ratusan Buruh Tiba di Kantor Gubernur Jatim dengan Gandeng Tangan dan Tuntun Motor

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Buruh menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu (7/12/2022) tepat saat batas akhir penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Sekitar 500 buruh memenuhi janjinya untuk menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya pada Rabu (7/12/2022) siang ini. Mereka longmarch dengan bergandengan tangan dan menuntun motor.

Pantauan suarasurabaya.net sekitar pukul 13.30 WIB, konvoi kendaraan ratusan buruh sudah tiba di Jalan Pahlawan. Mereka langsung turun dari motor, mobil, maupun bus yang ditumpanginya.

Massa aksi demonstrasi tiba di Kantor Gubernur Jawa Timur Jalan Pahlawan Surabaya, Rabu (7/12/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Longmarch berlanjut dengan berjalan kaki menuju titik demo. Dua barisan terdepan bergandengan tangan seperti mengisyaratkan mereka satu suara. Disusul rombongan penuntun motor yang berjarak 10 meteran setelahnya. Paling akhir, mereka yang berjalan kaki membawa puluhan banner bertuliskan usulan-usulan kenaikan UMK 13 persen.

Begitu sampai, pimpinan orasi langsung menyuarakan poin tuntutan.

Sebelumnya diberitakan, Jazuli Ketua EXCO Partai Buruh Provinsi Jawa Timur yang juga Sekretaris PERDA KSPI Provinsi Jawa Timur menyebut, usulan angka 13 persen itu dianggap sebagai tuntutan wajar. Hal ini karena tiga tahun terakhir, buruh terdampak pandemi dengan kenaikan UMK yang sedikit bahkan beberapa daerah tidak naik.

“Angka 13 persen ini didapat dari nilai inflasi sebesar 6,8 persen ditambah pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen dan penyesuaian akibat dampak kenaikan harga BBM serta naiknya harga kebutuhan pokok, sehingga didapat nilai 13 persen untuk kenaikan UMK tahun 2023,” paparnya, Rabu (7/12/2022).

Terkait aksi, ratusan buruh yang ikut berasal dari lima daerah ring 1 di Jawa Timur mulai Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan.

“Ada beberapa perwakilan Tuban, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi,” tambahnya.(lta/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs