Kamis, 28 Maret 2024

Ratusan Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir setinggi lutut orang dewasa di kawasan perkotaan Banyuwangi. Senin (17/10/2022). Foto: Antara/Istimewa

Hujan deras yang mengguyur wilayah Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (16/10/2022) hingga Senin (17/10/2022) pagi, mengakibatkan debit air tiga sungai meluap dan merendam ratusan rumah warga.

Mujito Sekretaris BPBD Kabupaten Banyuwangi menyebutkan hujan deras yang terjadi sejak Minggu (16/10/2022) malam, membuat tiga sungai tak mampu menampung debit air dan meluap ke pemukiman warga di kawasan perkotaan Banyuwangi.

“Tiga sungai yang meluap ke rumah warga, yakni aliran Sungai Kaligung, Sungai Kali Bagong Sobo, dan Sungai Kalilo. Air juga meluap ke jalan raya,” kata dia seperti dilaporkan Antara.

Hingga saat ini, lanjut Mujito, Tim Reaksi Cepat BPBD Banyuwangi masih terus melakukan penanganan dan penyelamatan warga di sejumlah titik,

“Luapan sungai ini sementara kami perkirakan merendam ratusan rumah warga yang ada di beberapa kelurahan,” katanya.

Data diperoleh sementara, kelurahan yang terdampak banjir luapan sungai di sekitar bantaran sungai yaitu di Perumahan Sutri, Perumahan Sobo (Kelurahan Sobo). Selain itu juga ada di pemukiman di bantaran sungai Kalilo (Kelurahan Tukang Kayu).

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan, di antaranya Jl. Letjen S Parman Kelurahan Sobo, akibat meluapnya Sungai Bagong.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs