Minggu, 12 Mei 2024

Resmikan Masjid At-Taufiq, Jokowi Presiden Mengenang Taufiq Kiemas sebagai Tokoh Pemersatu Bangsa

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memukul bedug tanda peresmian Masjid At-Taufiq yang ada di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Rabu (8/6/2022), meresmikan Masjid At-Taufiq yang ada di area Kantor Pusat PDI Perjuangan, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Peresmian ditandai dengan pemukulan bedug yang disiapkan di halaman masjid. Di situ, Presiden juga sempat melaksanakan Salat Tahiyatul Masjid dua rakaat.

Sepanjang acara itu, Jokowi yang memakai sarung warna putih dan kopiah hitam bersama Iriana Ibu Negara yang berkerudung putih senada dengan pakaiannya, didampingi Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan.

Dalam pidato sambutannya, Kepala Negara mengenang jasa-jasa almarhum Taufiq Kiemas mantan Ketua MPR RI yang namanya diabadikan sebagai nama masjid.

Menurutnya, Taufiq Kiemas tumbuh dari keluarga yang taat beribadah. Jokowi juga menghormati suami Megawati itu sebagai politisi ulung yang punya jejaring luas.

Kemudian, Taufiq juga komunikator yang baik, serta figur pemersatu yang mampu merangkul berbagai perbedaan di pentas politik Tanah Air.

“Pak Taufiq Kiemas tumbuh dari keluarga taat beragama, sekaligus tokoh yang sangat nasionalis. Beliau politisi dengan jejaring yang luas, komunikator yang baik dan pemersatu yang mampu merangkul perbedaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, selain tempat ibadah Umat Islam, Masjid At-Taufiq jadi tempat memperkokoh peradaban Bangsa Indonesia.

“Saya berharap masjid yang menyandang nama Bapak Taufiq Kiemas ini selain sebagai tempat beribadah Umat Islam juga dapat memperkokoh peradaban Indonesia modern,” katanya.

Pada kesempatan itu, Megawati Soekarnoputri menjelaskan Masjid At-Taufiq dibangun atas prakarsa keluarga untuk mengenang almarhum Taufiq Kiemas yang meninggal dunia 8 Juni 2013.

Mesjid tersebut dibangun untuk masyarakat luas di sekitar lokasi, dan Kader PDI Perjuangan yang beraktivitas di sekolah partai.

Selain untuk beribadah, Megawati bilang Masjid At-Taufiq juga bisa dipakai untuk berbagai kegiatan sosial dalam rangka membumikan Pancasila melalui penguatan mental dan spiritual bangsa.

Mengenai desain masjid, Presiden ke-5 Republik Indonesia menjelaskan arsitekturnya menonjolkan bangunan adat masyarakat Sumatera Barat.

Desain yang unik itu sejalan dengan ajaran Bung Karno tentang salah satu prinsip Trisakti, yaitu Berkepribadian dalam Kebudayaan.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berterima kasih atas kehadiran Jokowi Presiden meresmikan Masjid At-Taufiq.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs