Rabu, 24 April 2024

Ribuan WNI di Belanda Ikuti Salat Ied

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ribuan warga negara Indonesia (WNI) di Belanda mengikuti Salat Idulfitri 1443 Hijriah, Senin (5/2/2022). Foto: KBRI Belanda

Ribuan warga negara Indonesia (WNI) di Belanda mengikuti ibadah Salat Idulfitri 1443 Hijriah yang jatuh pada 2 Mei 2022.

Setelah seluruh pembatasan sosial terkait penanganan Covid-19 dilonggarkan, para WNI memenuhi sejumlah masjid Indonesia yang tersebar di beberapa kota di Belanda, seperti Den Haag, Amsterdam, Rotterdam, Delft, Waalwijk, dan Eindhoven.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun ada pembatasan, tahun ini kita bisa menghadiri dan melaksanakan Salat Idulfitri dengan normal. Semoga kondisi akan semakin membaik ke depannya sehingga pelaksanaan ibadah di tahun mendatang bisa semakin maksimal,” kata Mayerfas Duta Besar (Dubes) RI untuk Kerajaan Belanda dalam siaran pers KBRI di Den Haag, Senin (2/5/2022) dikutip Antara.

Mayerfas menghadiri Salat Idulfitri di Masjid Indonesia Al Hikmah di Den Haag, Bersama sekitar 900 warga Indonesia lainnya.

Mayerfas menyatakan bersyukur atas normalisasi kehidupan di Belanda, yang dimulai sebelum bulan puasa, sehingga masyarakat dapat melakukan ibadah Ramadan dengan baik.

Sebelumnya, selama dua tahun, Salat Idulfitri tidak bisa dihadiri oleh banyak anggota jemaah karena jumlah orang yang hadir dibatasi hanya 75 persen dari kapasitas ruangan.

Salat Idulfitri di Masjid Al Hikmah Den Haag sendiri, dipimpin oleh Dr. Syahril Siddik Peneliti di Universitas Leiden yang juga tenaga pengajar UIN Malang, Jawa Timur, serta pengurus PCINU Belanda.

Dalam khutbah bertajuk ‘Hari Raya dan Hari Kemenangan’, Siddik yang juga bertindak sebagai Khatib, mengajak seluruh jemaah untuk memaknai kemenangan di hari Idulfitri sebagai momentum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, di tengah situasi Covid-19 yang masih mendera. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs