Jumat, 29 Maret 2024

Rp278 Triliun APBD Parkir di Bank, Presiden Tegur Kepala Daerah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022, yang berlangsung di Jakarta, Rabu (30/11/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengkritik para kepala daerah yang belum optimal membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menjelang akhir tahun.

Padahal, Presiden sudah berulang kali mengingatkan supaya APBD dibelanjakan dari awal tahun.

Pernyataan tegas itu disampaikan Jokowi, pagi hari ini, Rabu (30/11/2022), dalam acara Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022, yang berlangsung di Jakarta.

Berdasarkan data yang dipegang Kepala Negara, APBD yang terparkir di bank masih sangat banyak, mencapai Rp278 triliun.

Kalau dibandingkan dengan periode yang sama tahun-tahun sebelumnya, jumlah APBD yang tersimpan di bank sekitar Rp220 triliun.

“Mumpung ada gubernur, bupati, wali kota, ini saya ingatkan. Kita ini mencari uang dari luar agar masuk, terjadi perputaran uang yang lebih meningkat. Tapi, kenapa uang kita sendiri yang ditransfer ke daerah-daerah justru tidak dipakai? Dana Rp278 triliun itu sangat besar. Kalau dana tersebut dibelanjakan, maka akan menumbuhkan perekonomian di daerah, terlebih saat ini situasi perekonomian global sedang tertekan,” ucapnya.

Karena dana yang parkir masih terlalu banyak, Presiden memerintahkan Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri memeriksa tiap kepala daerah, dan segera mencari solusinya.

“Saya sudah perintahkan Mendagri, tolong ini cek satu per satu, ada persoalan apa?” kata Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan realisasi belanja Pemerintah Pusat baru mencapai 76 persen. Sedangkan belanja daerah baru sekitar 62 persen.

Di hadapan para kepala daerah yang hadir, Presiden menekankan percepatan realisasi belanja daerah untuk memacu perputaran uang dan kegiatan perekonomian masyarakat.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs