Sabtu, 27 April 2024

Sambut 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Jokowi Presiden Zikir dan Doa Kebangsaan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menghadiri acara Zikir dan Doa Kebangsaan, Senin (1/8/2022), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Setkab

Joko Widodo Presiden, malam hari ini, Senin (1/8/2022), menghadiri acara Zikir dan Doa Kebangsaan bersama para ulama dan tokoh Agama Islam, di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Turut mendampingi Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Habib Lutfi Bin Yahya, dan Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal.

Acara yang merupakan rangkaian peringatan ke-77 Kemerdekaan Indonesia itu berlangsung lancar. Semua peserta berzikir dan berdoa dengan khidmat, untuk kebaikan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam keterangan pers selepas doa bersama, Jokowi mengingatkan seluruh masyarakat begitu nikmatnya kemerdekaan.

Alhamdulillah, kita patut bersyukur pada malam hari ini bisa memperingati bulan kemerdekaan, memperingati 77 tahun Indonesia merdeka,” ujarnya.

Kepala Negara menyebut, sekarang dunia tidak dalam kondisi baik-baik saja. Selama hampir tiga tahun belakangan, negara-negara di dunia mengalami gejolak akibat pandemi Covid-19.

Belum selesai gejolak karena wabah Virus Corona, perang Rusia-Ukraina memicu krisis pangan dan energi global.

Jokowi bersyukur Indonesia masih mampu menahan beban subsidi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak. Bahkan, tidak ada kenaikan harga pangan yang signifikan.

Pada kesempatan itu, Presiden mengajak seluruh masyarakat berdoa supaya Indonesia selalu berkecukupan sumber energi dan bahan pangan.

Pemerintah berupaya terus meningkatkan produksi bahan panganan, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan membantu negara lain yang kesulitan.

“Mari kita berdoa bersama, zikir bersama memohon kepada Allah SWT agar negara kita selalu dilimpahi energi dan pangan dan kita tidak kekurangan. Kita berusaha berikhtiar bersama-sama agar melimpah dan bisa membantu negara-negara lain yang sedang kesulitan,” tegasnya.

Selain zikir dan doa bersama, Pemerintah juga akan menggelar serangkaian acara menyambut ulang tahun Kemerdekaan Indonesia.

Acara puncaknya, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, tanggal 17 Agustus 2022, di halaman Istana Merdeka dan area Monumen Nasional.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Sabtu, 27 April 2024
Kurs