Rabu, 1 Februari 2023

Satgas PMPA Berikan Penanganan Masalah Perempuan dan Anak Secara Gratis

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat mengukuhkan Satgas PMPA di Hotel Harris and Convention Surabaya, Selasa (8/11/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membentuk Satgas PMPA (Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak) secara gratis dan cepat.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengukuhkan Satgas PMPA yang berjumlah 51 orang bertugas untuk menangani permasalahan perempuan dan anak dari sisi pencegahan, penanganan, pemulihan dan pemberdayaan.

“Pengukuhan satgas ini bagian dari komitmen menyikapi permasalahan perempuan dan anak. Terkait kasus kekerasan, bullying, dan perdagangan orang,” tegas Khofifah, usai pengukuhan, Selasa (8/11/2022).

Khofifah melanjutkan, ada empat bidang yang ditangani dalam Satgas PMPA Jatim ini. Pertama, yaitu bidang pencegahan yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Pendidikan.

Kemudian yang kedua bidang penanganan yang dikoordinir oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Timur. Ketiga bidang pemulihan yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Sosial. Serta bidang pemberdayaan yang dikoordinir oleh Kepala Dinas Koperasi Dan UKM.

Khofifah berharap penyelesaian masalah perempuan dan anak di Jatim ditangani secara holistik.

“Jadi saya minta agar Satgas PMPA bekerjanya sinergis dan kolaboratif. Cepat dan gratis,” imbuh Khofifah.

Melalui adanya Satgas PMPA Jatim ini juga akan mewujudkan optimalisasi sistem layanan dan pengaduan korban yang mudah dan responsif.

“Penanganan perempuan dan anak yang menjadi korban harus cepat. Dan tolong diberikan layanan terbaik dan kalau bisa mendapat jalan pintas tidak pakai antre. Dan gratis. Rumah aman atau shelter yang nyaman tolong disediakan,” tegas Khofifah.

Pemprov Jatim melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) Jatim telah menyediakan shelter dan layanan call centre, guna mempermudah layanan penanganan masalah perempuan dan anak,

Layanan tersebut bernama POS SAPA (Sayang Perempuan dan Anak) yang dapat diakses dengan WhatsApp (WA) atau telepon di nomor 0895 3487 71070. Atau juga bisa mengakses hotline SAPA dengan nomor 129.(wld/rum/ipg)

Berita Terkait