Kamis, 25 April 2024

Sebagian Besar Wilayah Jatim Hari ini Dominan Cerah Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim), Senin (19/9/2022) hari ini akan dominan cerah berawan.

Berdasarkan keterangan BMKG yang diterima suarasurabaya.net, seharian ini Kota Surabaya, Kota Kediri, Kota Probolinggo dan Kota Pasuruan akan cerah berawan.

Sementara itu hujan ringan diprakirakan akan mengguyur Kabupaten Kediri dan Jember pada siang hari. Sedangkan pada sore hari, wilayah Kabupaten Blitar dan Lumajang berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan.

Suhu udara di Jatim pada hari ini berkisar antara 14 hingga 35 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 45 sampai 95 persen. Sedangkan untuk arah angin, akan dominan berhembus dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan lima hingga 30 kilometer per jam.

Adapula prakiraan kondisi cuaca perairan, BMKG Maritim Tanjung Perak memprediksi sebagian besar wilayah perairan Jatim secara umum berawan. Namun ada potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah perairan.

Untuk kondisi arah angin hari ini didominasi dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 18 knots (33 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 kilometer per jam).

BMKG Maritim Tanjung Perak juga memberikan peringatan untuk mewaspadai ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.3-1.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

Masyarakat yang punya aktivitas di perairan juga diimbau mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (gat/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs