Jumat, 19 April 2024

Sebanyak 100 Anak Ikuti Khitan Massal di Suara Surabaya Centre

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Peserta anak saat bernyanyi bersama di Suara Surabaya Centre sebelum melangsungkan khitan massal pada Rabu (28/12/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 100 anak dari Surabaya dan sekitarnya, mengikuti khitan massal di Suara Surabaya Centre (SSC) yang berlokasi di Jalan Raya Bukit Darmo No. 22-24, Putat Gede, Sukomanunggal, Surabaya pada Rabu (28/12/2022).

Agung Prabowo Ketua Pelaksana Panitia Khitan Massal mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk membantu orang tua di Surabaya dan sekitarnya yang ingin melaksanakan khitan pada anaknya tapi terkendala biaya, karena khitan massal ini gratis.

“Kegiatan khitan ini juga untuk mendukung terjaganya kebersihan dan kesehatan reproduksi pada anak,” ucapnya.

Agung mengatakan, dalam konvensi Internasional ke-25 tentang AIDS, diungkap bahwa khitan juga bisa mengurangi tingkat penularan HIV, infeksi saluran kencing, syphilis, dan borok pada alat kelamin laki-laki.

“Oleh karena itu, khitan menjadi penting, di samping itu khitan juga bagian dari pemenuhan ajaran agama Islam,” ucapnya.

Sementara itu, Edi Priyanto Direktur SDM PT. Terminal Peti Kemas yang juga penyelenggara acara mengatakan bahwa khitan massal dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Terutama bagaimana untuk meningkatkan kesehatan di masyarakat, dengan dikhitan itu adalah bagian dari mewujudkan kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, dengan terwujudnya masyarakat yang sehat, tubuhnya juga akan lebih kuat, begitu pun dengan ekonominya yang akan menguat.

Setelah tuntas melaksanakan khitan massal ini, para peserta juga berkesempatan mendapat beberapa bingkisan, seperti sarung dan peralatan sekolah anak. Selain itu, juga diberi penghargaan berupa sertifikat khitan.

Kegiatan Khitan Massal Gratis ini merupakan kolaborasi Pelindo Terminal Petikemas bersama Suara Surabaya Media didukung oleh Rumah Sakit PHC, Tjoa Teng Hui Foundation, PT Matahari Sakti, dan PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). (ris/rum/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs