Jumat, 19 April 2024

Sebanyak 45 Rumah Warga Jember di Tiga Desa Terendam Banjir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Banjir merendam rumah-rumah warga di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (17/1/2022). Foto: BNPB

Banjir merendam rumah-rumah warga di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Senin (17/1/2022). Peristiwa ini berlangsung setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu pada petang hari sekitar pukul 18.00 WIB.

Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui keterangan pers menyebutkan sebanyak 45 rumah warga pada tiga desa yang tersebar di tiga kecamatan terendam banjir.

Data sementara Pusat Pengendalian Operasi BNPB pada Selasa (18/1/2022), pukul 06.40 WIB mencatat, wilayah terdampak di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, dan Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember mencatat 45 KK terdampak dan masih mendata warga yang mengungsi sementara.

BPBD bersama unsur TNI, Polri, serta aparat desa dan kecamatan membantu warga yang evakuasi ke tempat aman. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun luka-luka akibat kejadian banjir kemarin.

Selain populasi terdampak, satu jembatan terdampak imbas banjir itu. BPBD belum mengkonfirmasi tingkat kerusakan jembatan penghubung antar desa ini.

Berdasarkan prakiraan cuaca, wilayah tiga kecamatan terdampak banjir ini masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang-hingga hujan petir pada hari ini hingga Rabu (19/1/2022).

Sementara itu, peringatan dini cuaca wilayah Jawa Timur pada hari ini, Selasa (18/1/2022), berpotensi hujan lebat disertai petir atau kilat serta angin kencang.

Pada kajian inaRISK, BNPB mengidentifikasi sebanyak 31 kecamatan memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Tiga kecamatan yang saat ini terdampak termasuk pada wilayah dengan potensi bahaya tersebut.

Di sisi lain, pemerintah daerah dan masyarakat perlu mewaspadai potensi bahaya lain, yaitu gerakan tanah.

Analisis Gerakan tanah dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Januari 2022 ini menyebutkan sejumlah wilayah dengan potensi bahaya banjir.

Adapun tujuh kecamatan di Jember juga berpotensi banjir bandang, seperti di wilayah Kecamatan Bangsalsari, Ledokombo, Mayang, Panti, Rambupuji, Silo dan Sumberjambe.

Kesiapsiagaan Bahaya Hidrometeorologi Basah Pekan Ini

Melihat analisis dinamika atmosfer BMKG, semua pihak perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada pekan ini atau periode 17 – 22 Januari 2022.

Fenomena itu secara signifikan bisa meningkatkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Menurut BMKG, wilayah dengan potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di beberapa wilayah berikut ini.

Sumatra Barat, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi dan melakukan mitigasi dampak bencana hidrometeorologi basah pada puncak musim hujan pada Januari hingga Februari nanti.

Antisipasi dapat dilakukan dengan berbagai langkah, seperti memastikan saluran air berfungsi dengan baik, persiapan tempat evakuasi sementara dengan protokol kesehatan, atau sosialisasi kepada warga untuk rencana kesiapsiagaan keluarga.(iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs