Jumat, 26 April 2024

Sebulan Jelang MotoGP Mandalika, Polda NTB Tegaskan Masih Banyak Hotel Tersedia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Seorang pengendara melintas di samping salah satu hotel di Mataram, NTB menyambut World Superbike (WBSK) di Sirkuit Mandalika 2021 lalu. Foto: Antara

Menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2022 atau yang secara resmi bernama Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan digelar satu bulan lagi, masyarakat sulit mendapatkan hotel atau penginapan di sekitar Mandalika dan sekitarnya.

Menanggapi hal itu, Kombes Pol Artanto Kabid Humas Polda NTB mengatakan, banyaknya hotel dan penginapan di sekitar Mandalika itu dikarenakan mayoritas sudah dipesan oleh agen perjalanan.

“Info yang kita tangkap, hotel sudah penuh, homestay sudah penuh. Dari penelurusan yang kita tangkap, sebenarnya itu dibooking travel agent,” kata Artanto kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (11/2/2022) pagi.

Ia juga menegaskan, bahwa sebenarnya tidak semua hotel penuh. Masyarakat dapat memesan penginapan di luar kawasan Mandalika, seperti di Mataram dan Lombok Barat.

Jika menginap di kawasan tersebut, Artanto menambahkan, jarak yang ditempuh yakni sekitar satu jam untuk ke Mandalika.

“Tidak semua hotel penuh. Masih ada wilayah-wilayah lain yang belum (penuh) seperti di Gili Trawangan itu masih sedikit (yang hotelnya penuh). Gili ke Mataram 15 menit, Mataram ke Mandalika 45 menit,” ujarnya.

Ia menegaskan, panitia juga menyediakan 278 shuttle bus dengan rute menuju Mandalika yang disebar di enam titik, yakni di: 1. Pelabuhan Lembar (Kabupaten Lombok Barat); 2. Gili Mas (Kabupaten Lombok Barat); 3. Pelabuhan Bangsal (Kabupaten Lombok Utara); 4. Eks Bandara Selaparang (Kota Mataram); 5. Bandara Zainuddin Abdul Madjid (Lombok Tengah) dan 6. Pelabuhan Kayangan (Kabupaten Lombok Timur).

Namun masyarakat juga diperbolehkan membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk mempermudah mobilitas dari penginapan menuju sirkuit.

“Ya teman-teman kalau mau nonton harus ada transportasi, transportasi itu sebenarnya cukup. Tapi kalau pakai travel agent tinggal dapat nggak travel agent-nya karena harganya bisa lebih mahal,” ungkapnya.

Diperkiraka, sebanyak 100 ribu penonton akan memenuhi Sirkuit Mandalika untuk menonton gelaran MotoGP untuk pertama kalinya di wilayah tersebut pasca peresmian 12 November 2021 lalu.

Sebelum masuk, penonton akan dites antigen dan begitu juga para panitia acara. Vaksinasi juga sedang digencarkan untuk warga lokal setempat, yang akan dicek langsung oleh Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri.

Kedatangan Kapolri sekaligus juga melihat tes pramusim MotoGP 2022 sekaligus penerapan aturan travel bubble terhadap para pembalap beserta tim official.(tin/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs