Jumat, 26 April 2024

Sembilan Panggung Hiburan Rakyat Meriahkan Pernikahan Kaesang-Erina

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Salah satu panggung hiburan rakyat yang disiapkan untuk tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep putra bungsu Joko Widodo Presiden dan Erina Gudono di depan Pasar Antik Triwindu Solo, Sabtu (10/12/2022). Foto: Antara

Sembilan panggung hiburan rakyat disiapkan di sepanjang jalur kirab tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep putra bungsu Joko Widodo Presiden  dan Erina Gudono, mulai dari rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung, hingga tempat resepsi di Pura Mangkunegaran, yang akan berlangsung Minggu (11/12/2022).

Seperti dilansir dari Antara, sembilan panggung yang sebagian besar telah selesai pengerjaannya pada Sabtu (10/12/2022) tersebut tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro yang menuju Pura Mangkunegaran.

Panggung pertama berada di depan Loji Gandrung, tempat pelaksanaan upacara “ngunduh mantu” dan dimulainya kirab pengantin Kesang dan Erina.

Panggung kedua berada di seberang Stadion R.Maladi, sementara panggung ketiga berada di depan Taman Sriwedari.

Panggung keempat telah disiapkan tepat di depan Museum Batik Danar Hadi.

Adapun panggung kelima berada di depan Halte BST Timuran dan panggung keenam berada di persimpangan antara Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kartini.

Sementara panggung ke tujuh dan kedelapan berada di seputaran Jalan Diponegoro menuju Pura Mangkunegaran, yakni di persimpangan Jalan Slamet Riyadi dan di depan Pasar Triwindu.

Satu panggung lainnya berada di kawasan pamedan Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi “ngunduh mantu”.

Erick Thohir Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, sebelumnya mengatakan seniman dan musisi lokal Kota Solo akan mengambil bagian pada panggung hiburan tersebut.

Para pengisi hiburan rakyat dalam “ngunduh mantu” Keasang dan Erina tersebut antara lain Sanggar Karawitan Guyub Rukun, Keroncong Sawunggaling, Andre dan Friend Bands, Orkes Kampung Latar Jembar, Rimanz Pitoe, Java El Mariachi, Komunitas Keroncong Muda Solo, Sanggar Karawitan Gedhing Kuning, serta Keroncong De Java.

Ia menambahkan belasan ribu paket makanan dan souvenir disiapkan gratis bagi masyarakat yang ikut memeriahkan gelaran pesta rakyat yang digelar di sekitar rute kirab pengantin tersebut.

Dua lokasi yang disiapkan masing-masing di depan Stadion R.Maladi dan seberang Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro.(ant/gat/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs