Jumat, 26 April 2024

Serunya Lomba Gebuk Bantal di Tengah Laut

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Peserta lomba gebuk bantal di Sontoh laut yang sedang bertanding dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, pada Sabtu (13/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Warga Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Surabaya punya cara unik untuk memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Mereka memilih untuk menggelar lomba tradisional gebuk bantal di perairan Sontoh Laut pada Sabtu (13/8/2022).

City Mangezong Negeri Pertiwi, Lurah Tambak Sarioso mengatakan, agenda ini diadakan Kecamatan Asemrowo di Sontoh Laut untuk memeriahkan HUT ke-77 RI.

Dalam kesempatan itu, Sonya, panggilan akrab City Mangezong menceritakan, acara tersebut telah berlangsung sejak pukul 08.00 WIB.

Sontoh Laut dipilih karena tempat tersebut menjadi kekayaan alam yang dimiliki Asemrowo, khususnya di Kelurahan Tambak Sarioso. Sehingga menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan kepada khalayak terkait keindahan alamnya.

Ia juga menjelaskan, gebuk bantal sendiri menjadi puncak lomba yang ada di Kecamatan Asemrowo. Lomba gebuk bantal ini diikuti oleh 113 peserta yang merupakan warga setempat.

“Untuk lombanya diadakan di masing-masing kelurahan. Kemarin, di Genting Kalianak itu sudah ada lomba makan kerupuk dan nyunggi tempeh. Di Asemrowo sendiri ada lomba kardus bergoyang dan yang terakhir puncaknya ada di sini, yakni lomba pukul guling (gebuk bantal) di laut. Jadi, totalnya ada 3 lomba,” jelasnya.

Lomba gebuk bantal dalam dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI di Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, di tengah laut Sontoh Laut pada Sabtu (13/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kemeriahan lomba ini terlihat ketika para peserta saling berambisi untuk memenangkan pertandingan. Tak sedikit dari mereka yang gugur dan tercebur ke laut. Namun tetap aman, karena peserta wajib menggunakan pelampung dan diawasi oleh panitia lomba.

Yudi Aprianto, salah satu peserta lomba, mengatakan senang dengan adanya lomba ini.

“Seru. Senang, antusias teman-teman membuat suasana semakin meriah,” ucapnya.

Ia berharap, perlombaan seperti ini terus dilestarikan dan dapat menjadi agenda tahunan.

“Ya, semoga lomba seperti ini diadakan terus ke depannya, karena menarik dan menyenangkan,” tukasnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs