Jumat, 29 Maret 2024

Siap-siap, Fenomena Parade Langit 5 Planet Sejajar Bisa Dilihat Besok dengan Mata Telanjang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Konsep artis yang menggambarkan planet-planet yang ditemukan menggunakan teleskop antariksa Kepler milik NASA. Foto: NASA/W. Stenzel

Fenomena parade langit di mana lima planet terletak sejajar bisa disaksikan dengan mata telanjang akan terjadi besok, Jumat (24/6/2022).

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN mengatakan, kelima planet yang posisinya sejajar besok adalah Jupiter, Mars, Uranus, Venus dan Merkurius. Selain itu, besok bulan juga ada di posisi sejajar dengan kelimanya.

“Yang terbit paling awal Jupiter, Mars, Bulan, Uranus, Venus dan Merkurius,” kata Andi kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (23/6/2022) malam.

Andi menjelaskan, Saturnus terbit lebih dulu hari ini sekitar pukul 21.00 WIB, disusul Neptunus pukul 23.30 WIB.

“Lalu Jupiter jam 12.00 tengah malam, Mars jam 1 dini hari, Bulan 1.30 WIB, Uranus 2.45 WIB, Venus 3.45 WIB, dan Merkurius jam 4.15,” jelasnya.

Fenomena Parade Langit ini, kata Andi, bisa disaksikan dengan mata telanjang tanpa menggunakan teleskop bila cuaca cerah.

“Kalau Uranus karena magnitudonya cukup besar maka memang cukup menantang. Kalau kondisinya sanget cerah kita bisa melihat Uranus bahkan tanpa menggunakan teleskop. Jika polusi udara cukup besar seperti di Surabaya maka Uranus hanya bisa disaksikan lewat teleskop,” jelasnya.

Untuk membedakan penampakan planet dengan bintang, Andi menjelaskan, bedanya ada di kerlipnya.

Kalau planet karena jaraknya relatif dekat dengan bumi maka terlihat dari bumi tidak berkelip. Namun bintang yang jaraknya dengan bumi sangat jauh, ditambah dengan gangguang atmosfer yang besar maka terlihat kelap-kelip.

Parade Langit ini terjadi karena bertemunya laju orbit planet yang berbeda-beda di satu waktu yang sama.

“Setiap planet punya kelajuan orbitnya sendiri-sendiri. Seperti Merkurius mengorbit Matahari hanya 88 hari, yang paling lama adalah Neptunus mengorbit Matahari selama 164 tahun. Jadi karena kelajuan orbit yang berbeda ada kalanya planet akan terletak di posisi yang jika diamati dari bumi seperti sejajar,” jelasnya.

Seperti sejajar, dijelaskan Andi karena sebenarnya apabila diamati di atas tata surya sebenarnya tidak benar-sejajar.

“Ada yang di sebelah timur atau barat tapi terlihat oleh bumi seolah-olah satu garis lurus,” jelasnya.

Lima planet yang sejajar besok, kata Andi, bisa terlihat dari bumi karena terletak di konstelasi yang berdekatan sehingga bisa disebut Parade Langit.

“Misal Venus dan Merkurius terletak di konstelasi Taurus, Uranus dan Bulan di Aries, Mars Jupiter dan Neptunus konstelasi Pisces,” pungkasnya.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs