Sabtu, 20 April 2024

Sinyal 3G di Jatim Segera Dimatikan, Telkomsel Imbau Pelanggan 3G Migrasi ke 4G

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Riny Novitriyanti Vice President Consumer Sales Jawa Bali mengedukasi salah satu pelanggan untuk migrasi ke kartu 4G. Foto: Telkomsel

Johnny G. Plate Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) beberapa waktu lalu mengatakan, sinyal 3G akan dimatikan.

Dengan demikian, penggunaan frekuensi oleh operator selular dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat. Telkomsel pun sebagai telco digital leader di Indonesia, sejak akhir Maret 2022, mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten/kota secara bertahap di Jawa Bali.

Ditargetkan sampai akhir tahun ini, sinyal 3G Telkomsel tuntas dinonaktifkan.

Di Jawa Timur (Jatim) sendiri, secara masif juga dilakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G, tentang upgrade layanan tersebut. Mereka yang masih menggunakan smartphone 3G, juga diimbau untuk segera mengganti dengan smartphone 4G.

“Ini sebagai bentuk Telkomsel mematuhi aturan yang ditetapkan Menkominfo. Satu di antaranya, kami terus mengingatkan kepada pelanggan 3G di Jatim untuk segera bermigrasi ke layanan 4G dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat,” Riny Novitriyanti kata Vice President Consumer Sales Area Jawa Bali, dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (13/7/2022).

Migrasi ini, juga upaya perluasan pemerataan layanan 4G dengan menonaktifkan sinyal 3G di beberapa wilayah. Seperti di Sidoarjo dan beberapa kota/kabupaten lainnya di Jawa Timur, terhitung mulai 20 Juli 2022 mendatang, secara permanen, dipastikan tidak tersedia jaringan 3G. Pada tanggal tersebut pula, Telkomsel akan menonaktifkan sinyal 3G.

Sebelum tanggal tersebut, kata Riny akan ada beberapa penonaktifan 3G di beberapa kota di Jatim, seperti Kota Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung,  Blitar dan Pamekasan.

“Itu sebabnya, kami kembali mengingatkan agar pelanggan yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G Telkomsel ke GraPARI terdekat agar dapat menikmati Digital Experience terbaik,” ujarnya.

Riny mengatakan, sejak Maret hingga saat ini jumlah pelanggan 3G Telkomsel di wilayah Jatim sudah banyak yang melakukan migrasi SimCard 4G,  sisanya, diharapkan segera bermigrasi sebelum sinyal 3G Telkomsel dinonaktifkan secara permanen.

Riny menambahkan, Telkomsel mempermudah pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat smartphone 4G berharga terjangkau. Smartphone 4G tersebut bisa dibeli di GraPARI terdekat maupun di toko-toko HP yang ada di daerah.

Untuk jadwal daftar kota/kabupaten yang telah dilakukan peningkatan/pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui: www.telkomsel.com/untungjadi4g. Upgrade layanan 3G ke 4G tersebut kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu yang tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

Selama 26 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir untuk melayani lebih dari 173,5 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia dengan dukungan lebih dari 245.000 BTS. (bil/ipg)

Berita Terkait

Pandemi, Telkomsel Ajak Ganti 3G ke 4G


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs