Jumat, 26 April 2024

Sudah Turun Mesin dan Lolos Inspeksi, PT PAL Serahkan Kapal Selam Kembaran KRI Nanggala-402

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kapal Selam KRI Cakra-401, kembaran KRI Nanggala-402, yang sudah menjalani proses overhaul. Foto: PT PAL Indonesia

Kapal selam KRI Cakra-401, saudara kembar KRI Nanggala-402 yang berstatus on eternal patrol, sudah tuntas menjalani turun mesin atau overhaul di PT PAL Indonesia.

Sejumlah sumber menyebutkan, KRI Cakra-401 adalah “kembaran” KRI Nanggala-402. Keduanya punya dimensi dan kapasitas mesin yang mirip, yang mampu mencapai kecepatan 21,5 knot.

Tidak hanya sudah turun mesin, pada 22 November 2021 lalu hasil overhaul PT PAL Indonesia juga sudah lolos Inspeksi Komodor (Commodore Inspection) oleh para petinggi Angkatan Laut.

Laksma TNI Wasis Priyono selaku ketua Tim Commodore Inspection mengaku puas dengan hasil overhaul kapal selam buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Kiel-Jerman itu.

Berdasarkan keterangan tertulis PT PAL, Kapal Selam diesel electric KRI Cakra-401 dengan tipe U209/1300 itu sudah melakukan serangkaian uji coba (HAT and SAT).

Wasis yang melakukan tinjauan kesesuaian dan kelayakan overhaul sesuai kontrak, pada 22 November 2021 lalu, menyebutkan, Kemampuan kapal selam itu sudah mencapai indikator kelaikan operasi.

“Ada kepercayaan tinggi kapal selam itu bisa mencapai kedalaman di atas 200 meter,” ujarnya saat itu, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (21/2/2022).

Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia menyampaikan, overhaul kapal selam di tengah Pandemi Covid-19 membuat asistensi dari tenaga ahli asing berlangsung virtual.

Hal itu, menurutnya, justru menjadi nilai yang sangat strategis bagi PT PAL karena kondisi itu memaksa BUMN di bidang perkapalan itu melakukan overhaul secara mandiri.

“Ini menjadi berkah bagi kami karena diberi kesempatan memiliki pengalaman setara 35 persen seperti membangun kapal selam baru. Dengan keberhasilan overhaul ini PT PAL setidaknya sudah menguasai 65 persen proses pembangunan kapal selam baru, baik dari desain maupun penguasaan teknologinya,” katanya.

Dalam praktiknya, kata dia, saat melakukan overhaul KRI Cakra-401 PT PAL juga melakukan penyempurnaan. Baik penggantian baru, juga perbaikan menyeluruh komponen kapal selam itu.

Mulai dari perbaikan menyeluruh terhadap badan tekan/pressure hull, sistem mekanik dan elektrik, sensor dan navigasi, juga sistem senjata secara detail untuk mencapai performa maksimal.

Bagi PT PAL, overhaul Kapal Selam KRI Cakra-401 itu jadi momentum penting untuk membuktikan penguasaan teknologi kapal selam yang meningkat signifikan sebagai modal untuk mewujudkan whole local production kapal selam.

serah-terima-kapal-selam
CEO PT PAL Indonesia dan Kementerian Pertahanan dan TNI AL menandatangani berita acara serah terima KRI Cakra-401 di PT PAL Surabaya, Senin (21/2/2022). Foto: Humas PT PAL Indonesia

Hari ini, Senin (21/2/2022), Kaharuddin Djenod CEO PT PAL Indonesia secara resmi menyerahkan KRI Cakra-401 kepada Laksda TNI Bambang Irwanto Dirjen Kuathan Kementerian Pertahanan RI.

Serah terima itu berlangsung di gedung PIP lt 4 dipimpin Laksda TNI Bambang Irwanto dan dihadiri jajaran BoD dan BoC PT PAL, serta para pemangku kepentingan dari Mabes TNI AL dan Koarmada II.

Laksda TNI Bambang Irwanto Dirjen Kuathan Kemhan RI menyampaikan, overhaul oleh PT PAL itu tidak hanya bernilai dari aspek ekonomi, juga pada aspek pertahanan.

Sesuai Undang-Undang 23/2019, ada tiga komponen pemberdayaan wilayah pertahanan negara terdiri dari komponen utama (TNI), komponen cadangan, dan komponen pendukung (para mitra).

“TNI bertugas membina mitra untuk mampu meningkatkan kesiapsiagaan alutsista. Kesempatan ini menjadi hal yang strategis terkait kemitraan antara Kementerian Pertahanan dengan PT PAL dalam menyiapkan alutsista pertahanan, dalam mewujudkan industri dalam negeri yang unggul. Kami harus bersinergi dan bermitra dalam memenuhi kemajuan alutsista Indonesia,” katanya.

Dalam kegiatan itu, keduanya menandatangani berita acara serah terima operasional overhaul KRI Cakra-401 oleh PT PAL Indonesia dengan Dirjen Kuathan Kementerian Pertahanan RI.

Kemudian, secara berurutan, berita acara itu diserahkan oleh Kemhan RI kepada Mabes TNI AL yang diwakili Laksda TNI Puguh Santoso Aslog Kasal, lalu diserahkan kepada Laksda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Komando Armada II.

Dengan demikian, Kapal Selam KRI Cakra-401 akan kembali bermarkas dan siap bertugas di Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II.(den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs