Sabtu, 20 April 2024

Surabaya Jadi Titik Awal Pelayaran Jalur Rempah Oleh Kemendikbudristek

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pameran "Spirit Jalur Rempah" Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 di Komplek Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya, Jumat (27/5/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar kegiatan Muhibah Budaya Jalur Rempah mulai 1 Juni hingga 2 Juli 2022.

Kegiatan pelayaran yang sudah direncanakan sejak 2021 namun terhenti akibat pandemi itu diikuti para pemuda-pemudi terpilih dari 34 provinsi di Indonesia ini akan dimulai dari titik pertama, yaitu Kota Surabaya.

Restu Gunawan Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek mengatakan, total ada 167 peserta yang berhasil lolos seleksi dan tergabung dalam Laskar Rempah.

“Mereka menjadi duta rempah di daerah asalnya masing-masing dengan menonjolkan aktivitas yang berkaitan dengan pengobatan tradisional, kuliner, pengetahuan, kesenian, dan lain-lain terkait rempah,” jelas Restu saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Jumat (27/5/2022).

“Mereka nanti akan berlayar menaiki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci start dari Dermaga Madura Surabaya dan akan ada 6 titik layar. Mulai dari Surabaya, Makassar, Bau-Bau Sulawesi Tenggara, Ternate Maluku Utara, Banda Neira Maluku Tengah, Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), dan kembali lagi ke Surabaya,” imbuhnya.

Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah tersebut, lanjut Restu, agar para pemuda bisa terlibat dalam revitalisasi jalur-jalur rempah, kembali berpikir bahwa laut adalah masa depan sehingga ikut melestarikan maritim bahari yang dulu pernah berhasil dikuasai oleh nenek moyang.

Tidak hanya itu, program ini sekaligus mengajak para stakeholder untuk menanamkan kembali pentingnya kegiatan ekonomi seperti ini.

“Termasuk mendaftarkan jalur rempah sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization),” tambah Restu.

Menurut Restu seluruh pelabuhan yang ada di Indonesia mempunyai keterkaitan dengan rempah-rempah, namun sementara baru enam titik tersebut yang menjadi prioritas

Bertepatan dengan momen Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ikut meramaikan program Muhibah Budaya Jalur Rempah tersebut dengan menggelar pameran fotografi “Spirit Jalur Rempah” bertempat di Balai Pemuda Alun-Alun Surabaya mulai 27-31 Mei 2022.

Dalam pameran itu, pengunjung bisa melihat karya foto, lukisan, dan instalasi terkait jalur rempah yang ada di Surabaya.

“Pemkot ikut memeriahkan karena memang momennya pas dengan HJKS ke-729,” ujar Brina, Ning Surabaya 2019 yang ditemui suarasurabaya.net di lokasi pameran, Jumat (27/5/2022).

Beragam karya foto menggambarkan aktivitas perdagangan, bangunan-bangunan sejarah di jalur rempah Surabaya seperti Pasar Pabean dan Sungai Kalimas Surabaya.(lta/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs