Kamis, 25 April 2024

Terminal Kargo dan Pos Internasional Bandara Juanda Resmi Beroperasi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Terminal Kargo dan Pos Internasional yang resmi beroperasi pada Kamis (1/12/2022). Foto: Humas Angkasa Pura I

PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya resmi mengoperasikan Terminal Kargo dan Pos Internasional Bandara Juanda dan dilaksanakan pada Kamis (1/12/2022).

Terminal seluas 3.500 meter persegi ini merupakan kerja sama Bandara Juanda dengan PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) Tbk yang menjadi pemenang seleksi mitra usaha jasa terkait bidang kargo dan pos atau Cargo Terminal Operator (CTO).

Peresmian ini dihadiri oleh Sisyani Jaffar General Manager Bandara Internasional Juanda dan Adji Gunawan Direktur Utama PT JAS.

Sisyani Jaffar General Manager Bandara Internasional Juanda mengatakan pengoperasian terminal kargo internasional di Bandara Juanda merupakan wujud kerja sama untuk mengoptimalkan bisnis kargo melalui transformasi teknologi, ekspertis, dan Network Cargo Business melalui Sistem Pergudangan Kargo Semi Otomatis atau Semi-Automatic System Warehouse.

“Kerja sama ini menjadi upaya kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu bandara dengan trafik tinggi yang dikelola Angkasa Pura I dan menjadi tumpuan untuk mengembalikan kinerja bisnis Perusahaan terutama saat menghadapi situasi pandemi ini. Momentum kerja sama ini merupakan bagian dari upaya mendorong peningkatan pendapatan, sekaligus dalam rangka memberikan nilai tambah aspek pelayanan,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (1/12/2022).

Sisyani mengungkapkan, terminal kargo internasional ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kargo internasional di Bandar Udara Internasional Juanda.

“Kondisi saat ini, kami dapat melayani rata-rata 41 ton kargo internasional per hari. Dengan bertambahnya fasilitas infrastruktur ini, kapasitas area ekspor meningkat dari sebelumnya 43 ton menjadi 110 ton. Sementara area impor dari sebelumnya berkapasitas 98 ton kini dapat menampung hingga 177 ton di area storage dan 51 ton di mezzanine,” ungkapnya.

Sisyani juga meyakini bahwa kehadiran terminal baru ini akan mampu mendorong ekosistem pelaku usaha kargo untuk memanfaatkan peluang ekspor yang dapat menjadi momentum bersama untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

“Saat ini setidaknya ada 5 maskapai yang memiliki frekuensi pelayanan kargo internasional tertinggi dengan destinasi ekspor terbanyak untuk tujuan Hongkong dan impor dari Singapura,” terangnya.

Sementara Adji Gunawan mengatakan PT JAS akan mengimplementasikan Cargo Terminal Digitalization melalui Sistem Kargo Terintegrasi atau Cargo Integrated System yang akan membantu menyederhanakan proses bisnis serta meningkatkan efisiensi dan transparansi pembayaran yang terintegrasi dengan seluruh stakeholder dalam ekosistem kargo dan logistik.

Selain itu, lebih lanjut Adji mengatakan Cargo Integrated System ini juga akan terintegrasi dengan HS-Code INSW dan National Logistics Ecosystem (NLE).

“Semoga dengan kembali hadirnya PT JAS sebagai salah satu Cargo Terminal Operator (CTO) di Terminal Kargo dan Pos Internasional Bandar Udara Juanda Surabaya, dapat mendukung terciptanya penanganan paket-paket internasional yang terintegrasi,” ungkap Direktur Utama PT JAS itu.

Adji menambahkan, pihaknya juga terus berupaya melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada semua stakeholder termasuk seluruh pelanggan, seperti JAS digital platform, Road Feeder Services, serta belum lama ini JAS Airport Services telah menerima sertifikasi CEIV Lithium Battery dari IATA untuk mendukung pertumbuhan industri baterai kendaraan listrik nasional.

“Kami berharap dengan diresmikannya gedung kargo baru, di mana PT JAS sebagai operatornya, dapat turut mendukung terjaganya kestabilan harga logistik, sehingga secara tidak langsung berkontribusi pada pembangunan ekonomi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada periode Januari hingga Oktober 2022, Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya telah melayani total trafik kargo sebesar 52.130 ton dengan rincian 12.449 ton kargo internasional dan 39.681 ton kargo domestik.(rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs