Sabtu, 11 Mei 2024

Tidak Cuma Sikat Gigi, Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Ilustrasi, Menyikat Gigi Foto: Pixabay

Di bulan Ramadan, bukan berarti puasa maka gigi dan mulut bersih karena tak mengonsumsi makanan atau minuman. Menurut drg. Tantri Wismayaning Radito, Sp.KG saat berpuasa justru harus tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut guna menunjang kelancaran ibadah puasa.

Dokter Tantri Wismayaning, Dokter Konservasi Gigi yang praktik di Mayapada Hospital Surabaya menyampaikan yang harus diingat waktu yang tepat menggosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur selama ramadan.

“Kalau tidur itu, air liur (saliva) itu menurun jumlahnya sehingga kenapa orang kalau mau tidur harus sikat gigi karena mulut tidak bisa membersihkan sendiri,” jelas dokter gigi yang lekat disapa Maya.

Selain itu, Maya mengingatkan keutamaan sikat gigi itu bukan hanya pada saat mandi saja. “Di luar puasa, biasanya kita sikat gigi saat mandi kemudian sarapan dan berangkat kerja, ini salah karena kondisi gigi jadi kurang bersih,” katanya.

Pada bulan puasa menjaga kesehatan gigi tetap bisa tercukupi meski hanya dilakukan pada saat sahur dan buka puasa.

Selama ramadan meski tidak makan apa-apa dalam waktu lama, tetap jaga kesehatan gigi dan mulut, Caranya sikat gigi  dengan sikat berbulu halus, lalu menggunakan benang gigi dan berkumur dengan obat kumur. Ini  dilakukan setelah makan sahur dan sebelum tidur malam.

“Menjaga kebersihan gigi pada pelaksanaan puasa, pertama sikat gigi lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi dan berkumur obat kumur, karena sikat gigi saja tidak bisa membersihkan kotoran di sela-sela gigi, obat kumur hanya menyiram saja, dan dental floss yang membersihkan sampai sela-sela gigi,” paparnya.

Maya menyarankan setelah berkumur dengan obat kumur sebaiknya hindari makan dan minum selama 30 menit agar efek obat kumur tersebut dapat bekerja maksimal.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan rongga gigi dan mulut Maya menyarankan agar sebaiknya jangan makan yang terlalu lengket dan terlalu manis.

“Baik puasa atau tidak, kita harus banyak mengkonsumsi banyak serat seperti sayur, buah-buahan dan banyak minum karena selain baik untuk kesehatan badan untuk kesehatan rongga mulut juga bagus,” sarannya. (man/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
27o
Kurs