Kamis, 9 Februari 2023

TNI AL dan US Navy Kolaborasikan Jazz dan Keroncong di Suara Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kolaborasi band TNI AL dan US Navy Seventh Fleet di Hall Suara Surabaya Center, Jumat (9/12/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Sebagai bentuk hasil latihan hubungan bilateral, TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) menggelar pertunjukan musik di Suara Surabaya Centre, Jumat (9/12/2022) malam.

Letda Laut (P) M. Helmi sebagai Liaison Officer (LO) kegiatan menyampaikan, musik merupakan salah satu bidang dalam latihan.

“Kegiatan malam ini penampilan kolaborasi band TNI AL dan US Navy dalam rangka latihan bilateral dua negara Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Helmi, Jumat (9/12/2022) malam.

Kolaborasi band TNI AL dan US Navy Seventh Fleet di Hall Suara Surabaya Center, Jumat (9/12/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

Meski berfokus ke militer, Helmi menambahkan, tujuan latihan bersama mulai 7-22 Desember 2022 ini untuk saling bertukar pengetahuan budaya masing-masing.

“Tidak hanya band ini tapi kemiliteran, kultur, dan budaya. Semuanya menjadi hubungan bilateral seperti delegasi dua negara saling mengenalkan budaya musik-musik kita. Utamanya latihan tahap laut, sea phase atau fase laut, ada beberapa korps untuk baksos, ada juga intelijen, pasukan khusus. Include semua dalam kemiliteran,” imbuhnya.

Penampilannya sendiri, turut menggandeng mahasiswa dan pelajar. Beberapa band unjuk kebolehannya masing-masing.

Pena,pilan ITS Jazz di Hall Suara Surabaya Center, Jumat (9/12/2022). Foto: Redhita suarasurabaya.net

“Jadi perform band malam ini ada beberapa band dari Koarmada II, Seventh Fleet Band US Navy, band SMAN 5 Surabaya, band ITS Jazz, dan Gung Ho Band. Khas kita, khas Indonesia, mereka juga kenalin jazz. Di-mix jadi sebuah musik yang ditampilkan,” paparnya lagi.

Sementara, Anthony Smouse perwakilan US Navy menyambut baik perform musik malam ini. Terlebih mengkolaborasikan musik jazz yang dianggap populer di Amerika dengan Indonesia yang khas dengan keroncong.

“Berlatih bersama US Navy dan TNI AL untuk memastikan kedua military bisa saling berkomunikasi dan berinteraksi dan belajar bersama,” kata Anthony. (lta/iss)

Berita Terkait