Rabu, 1 Februari 2023

Toko Karpet di Gemblongan Surabaya Terbakar Habis, Api Merembet ke Ruko Sebelah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Satu ruko habis terbakar dalam kejadian kebakaran di Jalan Gemblongan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (16/10/2022). Foto: Command Center Surabaya

Kebakaran dua ruko di Jalan Gemblongan Nomor 54, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (16/10/2022) sore, dilaporkan telah membuat salah satu bangunan tersebut habis seluruh bagian bangunannya. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran itu.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu malam, Kedua ruko yang terbakar tersebut diketahui merupakan aset milik dari Harry Winarto (82) dan Herry Widarsono (72).

Salah satu ruko itu adalah toko karpet, sedangkan satunya lagi merupakan bangunan kosong atau tidak berisi.

“Kronologi menurut keterangan karyawan yang saat itu beraktivitas di area depan, api berasal dari bagian belakang ruko yang kemudian dengan cepat merembet ke sisi atas bangunan. Karyawan yang mengetahui langsung melaporkan kejadian ke Command Center 112 Surabaya untuk bantuan penanganan,” ujar Eky Maulana Nugraha, petugas Command Center Surabaya.

Sebanyak 12 unit tempur mobil pemadam kebakaran milik Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, dibantu dengan empat unit mobil tangki milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut.

Selain itu, ada enam unit tim rescue yang diperbantukan untuk proses pemadaman.

Selanjutnya, api yang membakar dua bangunan seluas 16 x 30 meter persegi tersebut berhasil dipadamkan seluruhnya pada pukul 18.25 WIB, termasuk proses pembasahan. Kebakaran dua ruko tersebut, dikabarkan tidak sampai merambat ke gedung PLN yang ada disebelahnya.

Saat ini, penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan petugas yang ada di lokasi kejadian. (bil/iss)

Berita Terkait