Jumat, 26 April 2024

Total 36 Jemaah Haji Gelombang Satu Debarkasi Surabaya Terpapar Covid-19

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jemaah haji kloter 20 yang tiba di Debarkasi Asrama Haji Surabaya, Sabtu (30/7/2022). Foto: PPIH Surabaya

Abdul Haris Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya mengatakan, dalam gelombang satu jemaah haji yang terdiri dari 20 kloter, sebanyak 36 orang terkonfirmasi  Covid-19.

“Rata-rata setiap kloter ada dua orang yang terpapar. Jumlah tersebut relatif sedikit,” ujar Abdul Haris di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (30/7/2022).

Haris melanjutkan, 36 orang yang terpapar Covid-19 tersebut berdasarkan hasil skrining kesehatan yang dilakukan oleh panitia. Data termutakhir itu didapat setelah ada penambahan satu orang jemaah haji yang positif Covid-19 dari kloter 20 yang tiba hari ini.

Sementara itu total jumlah jemaah haji gelombang satu yang sudah tiba di Debarkasi Surabaya sebanyak 8.996 orang. Kloter 20 yang merupakan kelompok terakhir sudah tiba di Asrama Haji pada Sabtu dini hari sekitar pukul 01.22 WIB.

“Alhamdulillah, 442 orang dari kloter 19 dan 448 orang dari kloter 20 telah tiba dengan selamat di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Jemaah yang datang sudah 53 persen, ” kata Haris.

Abdul Haris melanjutkan, dalam penerimaan haji tahun ini PPIH Debarkasi Surabaya telah menerapkan protokol kesehatan sejak jemaah haji tiba di Tanah Air melalui Bandara Udara Internasional Juanda.

Jemaah haji yang mana sebagai pelaku perjalanan luar negeri akan melalui serangkaian prokes dan pemeriksaan kesehatan. Kata Sekertaris PPIH itu, protokol kesehatan ini dijalankan supaya mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19.

Dirinya juga menyampaikan bahwa jemaah haji yang terkonfirmasi positif tanpa gejala akan diperbolehkan pulang dan dirawat di rumah sakit oleh Dinas Kesehatan daerah setempat. Sedangkan jemaah positif yang bergejala berat akan dirawat terlebih dahulu di RS Haji Surabaya.(wld/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs