Kamis, 28 Maret 2024

Tradisi Toron, Kendaraan Lewat Suramadu Hanya Naik 5 Persen

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kendaraan pemudik memasuki Jembatan Suramadu dari Kota Surabaya menuju Pulau Madura, Sabtu (9/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Warga Pulau Madura mulai melakukan Toron atau mudik Iduladha dengan melintasi Jembatan Suramadu sejak Jumat (8/7/2022) kemarin.

Berdasarkan pengamatan, kendaraan yang melintas tidak sepadat Iduladha sebelum pandemi.

Sofya, penjual es cao yang berada di sekitar Jembatan Suramadu mengatakan, sejak pandemi warga yang Toron ke Madura tidak sampai membuat arus lalu lintas padat, hanya ramai lancar.

“Kalau dulu sebelum pandemi sampai jam sembilan malam di jalur sepeda motor ini masih padat warga yang Toron untuk Iduladha. Saya sampai tidak bisa pulang karena tidak bisa lewat. Tapi sekarang hanya ramai saja,” kata Sofya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (9/7/2022).

Berdasarkan pantauan sejak pukul 10.00 WIB pengedara sepeda motor yang melintas memang cukup ramai, namun arus lalu lintas masih relatif cukup lancar. Hingga memasuki sore hari mulai pukul 15.00 WIB volume kendaraan sepeda motor yang melintas mulai meningkat tapi tidak sampai menimbulkan kepadatan.

Sedangkan untuk jalur roda empat juga relatif mulai meningkat dari pukul 15.00 WIB, dengan didominasi kendaraan pribadi.

Sofya yang juga warga Madura itu menuturkan, jika mayoritas pemudik yang pulang dalam dua hari ini biasanya masih memiliki kerabat atau orang tua untuk menjadi tempat pulang dari perantauan.

Sementara itu, AKP Eko Adi Wibowo Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak secara terpisah menyampaikan, sejak Jumat kemarin volume kendaraan memang mulai meningkat sekitar lima persen dari hari biasanya. “Peningkatan kendaraan tersebut sebenarnya kecil jika dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Eko melanjutkan, peningkatan volume kendaraan yang cukup minim itu menurutnya karena mayoritas warga Madura sudah melakukan Toron pada Idulfitri kemarin.

Kemudian, mayoritas warga yang Toron dalam dua hari ini didomimasi oleh pemudik lokal yang berdomisi di Surabaya Raya. “Warga Madura yang merantau lebih jauh memilih mudik saat Idulfitri kemarin, karena cuti yang diberikan juga lebih panjang,” terang Eko.

Sementara itu, lanjut dia, Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam mengawal tradisi Toron ini telah menempatkan 10 personel yang bersiaga di Jembatan Suramadu.

“Petugas yang berjaga akan difokuskan untuk mengurai kepadatan apabila terjadi penumpukan kendaraan,” pungkas Eko. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs