Sabtu, 27 April 2024

TV Analog Segera Dihentikan, ANTV Gelar Sosialisasi Pengunaan STB di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana sosialisasi penggunaan Set Top Box (STB) yang dilakukan oleh ANTV di Surabaya, pada Rabu (14/12/2022). Foto: Istimewa

Peralihan televisi dari analog ke digital (Analog Switch Off/ASO) akan diberlakukan mulai tanggal 20 Desember 2022 untuk ring 1 Jawa Timur (Jatim), yang meliputi Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto, Pasuruan dan Malang.

Pemberhentian TV analog tersebut, dilakukan secara bertahap dan akan dimulai setelah gelaran piala dunai tahun ini, tuntas diselenggarakan.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka TV analog ke depan tidak dapat lagi menayangkan siaran dan harus berganti ke TV digital atau menggunakan Set Top Box (STB).

Terkait hal tersebut lah, Riyandri Tjahjadi Manager Corporate Communication ANTV menggelar sosialisasi penggunaan STB televisi di Surabaya.

“Kami mengunjungi Surabaya sebagai salah satu dari lima kota yang di bulan ini sudah tidak lagi bersiaran analog dan sepenuhnya beralih ke siaran digital,” ucap Riyandri di Surabaya, Rabu (14/12/2022).

Dalam progam sosialisasi itu, dia juga mengunjungi rumah-rumah warga yang ada di Surabaya untuk memberi kemudahan pada warga dalam menghadapi peralihan siaran televisi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan cara untuk beralih ke siaran televisi digital saat ini.

“Untuk mengakses siaran digital, khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya, pemirsa hanya perlu membeli STB bersertifikat dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2,” ucapnya.

Lebih rinci, dia memberi panduan dalam pemasangan STB, yakni dengan menyiapkan STB beserta antena terlebih dahulu, kemudian memastikan televisi berada dalam mode AV, dan pindah konektor antena biasa dari televisi ke STB.

Setelah itu, memasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di televisi dan juga STB, kemudian menyalakan STB, mengatur LCN dalam keadaan hidup atau ON agar langsung memperoleh channel digital.

Dilanjut dengan memasukkan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal, kemudian menekan pencarian otomatis, dan siaran TV digital siap ditonton.

“Sekarang cari channel digital di Semarang, Jakarta, dan Surabaya lebih gampang, scan ulang dan untuk ANTV digital temukan di channel 26,” ucapnya.

Selain itu, dia juga memberi cara untuk warga yang telah menggunakan STB tetapi belum bisa menemukan siaran digital. “Dapat melakukan scan ulang TV dan memastikan antena UHF dalam kondisi baik dan di posisi yang benar,” ucapnya.

Sebagai diketahui, beberapa daerah di Surabaya yang telah dikunjungi yakni, wilayah Semampir, Wonokromo, Sawahan, Kenjeran, dan juga Tambaksari. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs