Kamis, 28 Maret 2024

Uji Klinis Vaksin Merah Putih, Rektor Unair:  Vaksin Ini Sudah Dapat Sertifikasi Halal

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Prof. Muhammad Nasih, Rektor Unair saat memberikan sambutan di acara Uji Klinis Vaksin Merah Putih, Rabu (9/2/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya.net

Perjalanan panjang penelitian vaksin Merah Putih selama satu tahun delapan bulan akhirnya berbuah manis, karena Seremonial Uji Klinis Fase Satu Vaksin Merah Putih, di RSUD dr Soetomo, Surabaya, dilaksanakan hari ini, Rabu (9/2/2022).

Prof. Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dalam sambutannya  menyebut, uji klinis tahap awal vaksin Merah Putih  telah membuktikan beberapa langkah untuk proses produksi vaksin nasional sudah dilalui dan sampai titik yang membanggakan.

“Kami sangat terharu karena vaksin ini sudah sampai tahapan uji klinis sampai hari ini,” jelasnya.

Prof. Nasih juga mengungkapkan vaksin Merah Putih juga telah telah mendapatkan sertifikat halal pada tanggal 7 Februari 2022 dan berlaku hingga 6 Februari 2026.

Dalam uji klinik tersebut, vaksin disuntikkan kepada 90 orang dewasa berusia minimal 18 tahun yang belum pernah mendapat suntikan vaksin Covid-19 pertama atau kedua.

Prof. Nasih berharap vaksin Merah Putih ini sedapat mungkin bisa digunakan sebagai vaksin program dalam  maupun luar negeri

Acara seremonial ini juga dihadiri Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur berserta Forkopimda Jawa Timur, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dokter Joni Wahyudi Direktur Utama RSUD dr Soetomo  dan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI yang memberikan sambutan secara daring.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs