Sabtu, 20 April 2024

UK Petra Hadirkan Metode Belajar Modern Petraverse

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Lab Virtual Reality UK Petra untuk menerapkan metode pembelajaran Petraverse, Kamis (28/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Teknologi virtual reality yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari mungkin hanya sebuah utopia di masa lalu. Namun hari ini Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil mewujudkannya dengan meresmikan metode belajar modern bernama Petraverse sekaligus Lab Virtual Reality.

Petraverse sendiri termasuk jenis program Learning Management System (LMS) atau aplikasi perangkat lunak yang didesain oleh UK Petra hasil adopsi dari konsep dari Metaverse. Sehingga mahasiswa bisa melakukan pembelajaran secara efisien tanpa terbatasi waktu dan tempat.

Felix Pasila Ketua Tim Petra Digital Institute yang memimpin produksi Petraverse mengatakan, program tersebut merupakan bentuk keseriusan UK Petra untuk membuat inovasi metode pendidikan baru yang berkaitan erat dengan teknologi.

“Konsepnya Petraverse ini saya bisa hadir dalam dunia digital menggunakan kacamata VR, modul Petraverse sendiri menyediakan sistem pembelajaran asinkronus secara digital dengan empat konsep,” kata Felix saat ditemui di UK Petra, Kamis (28/7/2022).

Salah satu mahasiswa UK Petra saat mencoba mengenalkan Petraverse, Kamis (28/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Empat konsep tersebut antara lain, Virtual Novel, Komik Interaktif, Role-Playing Game dan Virtual Reality. Selain itu, Petraverse juga menerapkan metode gamifikasi atau teknik desain permainan mulai dari faction, leaderboard, dan skill card.

Kata Felix, sebelum mahasiswa memasuki Petraverse, mereka akan melalui tes untuk menentukan jenis avatar sesuai dengan kepribadian masing-masing.

“Sembilan kepribadian tadi adalah The Scholar, The Ambassador, The Director, The Strategist, The Warrior, The Healer, The Counselor, The Steward, dan The Sage,” imbuhnya.

Petraverse sendiri telah diuji coba secara langsung pada mahasiswa semester 5 dan 6. Dengan total ada 10 mata kuliah saat ini yaitu Pancasila, Kalkulus, Soft Skills Test, Bahasa Iinggris, Agama, Pajak, Technopreneurship, Akuntansi Manajemen, Virtual Reality technology, Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Sementara itu, mata kuliah pada Petraverae rata-rata setara dengan bobot 2 SKS.

Felix berharap Petraverse ke depannya bisa menghadirkan pendidikan dengan biaya yang murah dan waktu belajar yang efisien.

“Kami merencanakan harga per SKS yang bisa diakses oleh masyarakat luas nantinya hanya seharga Rp35-90 ribu,” pungkas Felix.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs