Jumat, 26 April 2024

Vaksinasi PMK Tahap I dan II di Jatim Mencapai 635.050 Dosis

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat menyaksikan vaksinasi pada sapi potong di Dusun Pondok Rampal, Desa Pondok Joyo, Kab. Jember, Senin (8/8/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) per Minggu (7/8/2022) tercatat sebanyak 635.050 dosis vaksin untuk Tahap I dan II yang sudah disuntikkan di berbagai daerah. Nilai tersebut setara dengan 63 persen dari total 1.003.300 dosis vaksin yang telah diterima Jawa Timur.

Capaian tersebut disampaikan oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat meninjau pelaksanaan vaksinasi PMK tahap II atau revaksinasi hewan ternak di Kabupaten Jember.

“Monitoring ini adalah upaya kita untuk menjaga ternak-ternak kita tetap sehat. Kalau ternaknya sehat, maka peternaknya pun menjadi semakin tenang. Jadi tugas pemerintah adalah melindungi peternak dan ternaknya,” ujar Khofifah, Senin (8/8/2022).

Gubernur Jatim itu berpesan agar kerjasama berbagai elemen masyarakat harus terus ditingkatkan. Mulai dari level Babinsa, Babinkamtibmas hingga Kepala Desa.

“Jika ada informasi terkait kondisi ternak kurang sehat segera kordinasi dengan Kadis peternakan atau otoritas veteriner terdekat,” kata Khofifah.

Menurutnya, konfirmasi dua arah dan komunikasi Penta Helix harus terus dilakukan. Dirinya menegaskan bahwa PMK ini harus diwaspadai oleh semua, bukan hanya peternak.

Hal ini mengingat semua vaksin dari pemerintah pusat telah didistribusikan langsung ke Kabupaten/Kota.

Sementara itu, dalam seminggu terakhir jumlah ternak sakit dan yang dipotong paksa sudah jauh menurun. Hal ini tentunya menandakan bahwa vaksinasi sudah menunjukkan efektivitasnya.

Khofifah menyebut dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi PMK, Pemprov Jatim telah melibatkan semua Tenaga Kesehatan sebanyak 2.450 orang yang terdiri dari 950 dokter hewan dan 1.500 paramedik veteriner telah disiapkan untuk percepatan vaksinasi.

“Sekali lagi terima kasih atas kerja keras dari para Nakes dan Dokter Hewan di seluruh wilayah, utamanya yang hari ini di Kab. Jember,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Khofifah menyaksikan secara langsung vaksinasi pada 30 ekor sapi potong milik Peternak Rakyat Pondok Rampal Jember dengan jenis Limousine, Simental dan PO yang bertempat di di Dusun Pondok Rampal, Desa Pondok Joyo, Kec Semboro, Kab. Jember.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs