Kamis, 28 Maret 2024

Wamen ATR/BPN Targetkan Seluruh Pesantren Punya Sertifikat Tanah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Raja Juli Antoni Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) (ketiga kiri) menyerahkan sertifikat tanah Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur. Foto: Kementerian ATR/BPN

Raja Juli Antoni Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) menargetkan seluruh tanah pesantren memiliki sertifikat sebagai perlindungan dari penyerobotan pihak-pihak tidak bertanggung jawab termasuk praktik mafia tanah.

“Negara berkomitmen mendukung pesantren. Karena itu, saya datang ke sini untuk menyerahkan 10 sertifikat tanah milik Yayasan KH Hasyim Asy’ari,” kata Raja saat mengunjungi Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Minggu (16/10/2022) dikutip Antara.

Kedatangan Wamen ATR/BPN itu ke Pesantren Tebuireng langsung disambut oleh KH Abdul Hakim Mahfudz selaku pimpinan pesantren. Raja menyampaikan maksud kedatangannya untuk bersilaturahmi sekaligus mewakili Menteri ATR/BPN, untuk menyerahkan sertifikat tanah.

Dia menyampaikan apabila masih ada tanah pesantren yang belum memiliki sertifikat agar segera didaftarkan ke kantor BPN setempat.

“Ini ketua BPN Kabupaten Jombang. Ada dari pihak Kanwil BPN Jatim juga. Beliau siap membantu pendaftaran pesantren Tebuireng,” kata Raja.

Raja Juli Antoni mengatakan, saat ini pemerintah berupaya mempercepat pengurusan sertifikat. Pemerintah juga menyiapkan anggaran dari APBN untuk percepatan pengurusan sertifikat.

“Artinya tidak dipungut biaya dari kantor BPN. Sekali lagi ini untuk menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan sengketa lahan,” katanya.

KH Abdul Hakim Mahfudz menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyerahan sertifikat tanah lahan pesantren. Bagi pesantren, sertifikat tanah memiliki makna yang besar untuk penyelenggaraan pendidikan.

“Sebelumnya atas nama pesantren saya sampaikan rasa syukur atas kunjungan ini. Tentu kami senang apabila negara memiliki perhatian terhadap pesantren,” kata KH Abdul Hakim. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs