Selasa, 28 Mei 2024

Warga Surabaya Bisa Mengadu Langsung ke Lurah Hingga Wali Kota Seminggu Sekali

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Rabu (15/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya membuka layanan yang dapat dimanfaatkan oleh warga yang ingin mengadukan permasalahannya secara langsung kepada Lurah, Camat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Wali Kota.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mewajibkan seluruh kepala OPD atau kepala dinas, lurah, dan camat menemui warga Surabaya di Balai Kota seminggu sekali.

Layanan baru ini akan dimulai minggu depan, setiap Jumat pukul 13.00-16.00 WIB. Harapannya, agar ke depannya semua permasalahan warga bisa terselesaikan di tingkat kelurahan.

“Misalnya KTP atau KK, cukup di kelurahan. Nanti kelurahan yang akan berhubungan dengan kepala dinas terkait jika diperlukan,” kata Eri, Rabu (15/6/2022) di Kalimas Surabaya.

Ia meminta supaya setiap permasalahan warga bisa langsung terselesaikan. Kalau tidak, Eri akan mengevaluasi kinerja setiap OPD karena menurutnya pejabat adalah pelayan publik sehingga harus berani berhadapan dengan warga.

“Paling tidak, kalau tidak selesai hari itu, ada aplikasi yang kita masukkan di sana. Di aplikasi itu akan keluar membutuhkan waktu berapa hari untuk menyelesaikan masalah. Masyarakat harus sudah dapat kepastian kalau bisa diselesaikan ya selesai, kalau tidak harus dijelaskan bagaimana tahapannya dan butuh waktu sampai kapan,” katanya.

Selain itu, setiap hari Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB, masyarakat Kota Surabaya bisa langsung menemui Eri Cahyadi di Balai Kota untuk menyampaikan keluhannya.

“Bergiliran, misal Sabtu besok (warga) Kecamatan Asemrowo, besoknya lagi (warga) Kecamatan Bubutan, dan lainnya terjadwal,” imbuhnya.

Adanya layanan ini, Eri berharap bisa dimanfaatkan warga Surabaya untuk menyampaikan segala permasalahan yang dihadapi.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs