Rabu, 24 April 2024

Wiku: Pandemi Belum Berakhir, Tetap Pakai Masker Untuk Mendukung Upaya Pengendalian

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tangkapan layar - Prof Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dalam taklimat media di Jakarta, Selasa (2/11/2021). Foto: Antara

Indonesia saat ini memasuki dalam proses transisi menuju endemi Covid-19. Dengan rendahnya kasus seperti saat ini, Pemerintah melonggarkan aturan penggunaan masker di tempat terbuka.

Namun, masyarakat sudah bertanya-tanya, apakah sudah saatnya membuka masker secara bebas dalam beraktivitas?

Wiku Adisasmito Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 mengatakan bahwa Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) belum menyatakan pandemi berakhir. Pemerintah Indonesia juga terus mempertimbangkan dinamika kasus Covid-19 secara nasional dan internasional dalam menentukan kebijakan selanjutnya

“Dengan demikian, sebagai bagian dari dunia, diharapkan kepada masyarakat tetap melakukan upaya pengendalian salah satunya penggunaan masker,” kata Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers secara virtual, Kamis (2/6/2022).

Disamping itu, dengan rendahnya penambahan kasus harian secara konsisten, maka jumlah pasien Covid-19 yang membutuhkan perawatan di rumah sakit pun jauh berkurang. Dan hal ini pun menimbulkan pertanyaan di tengah-tengah masyarakat, apakah biaya perawatan pasien Covid-19 masih ditanggung Pemerintah?

Terkait hal ini, dia menegaskan kembali bahwa sudah ada Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 104 Tahun 2020 yang mengatur hal ini.

“Sampai dengan saat ini, berdasarkan kepmenkes RI No. 104 tahun 2020, menyatakan biaya perawatan Covid-19 masih ditanggung oleh negara,” pungkasnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs