Kamis, 2 Mei 2024

Wilayah Siaran Jatim 1, 90 Persen Siap Terapkan Siaran Televisi Digital

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi televisi digital. Foto: Pixabay

Wilayah siaran Jawa Timur (Jatim) 1, 90 persen siap melaksanakan program siaran digital dalam mendukung Program Analog Switch Off (ASO) yang telah diterapkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kepastian kesiapan tersebut disampaikan oleh Hudiyono Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim dalam kegiatan “Seremonial dan Bimbingan Teknis Pendistribusian Bantuan set top box (STB) dari Pemerintah di Wilayah Layanan Siaran Jawa Timur 1 dalam Rangka ASO” di Surabaya, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, kunci utama percepatan program ASO adalah adanya kolaborasi antar berbagai pihak. Kolaborasi bisa dilakukan antara pemerintah daerah dengan lembaga penyiaran yang melibatkan beragam elemen masyarakat.

“Dengan kolaborasi itu akan muncul beragam inovasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat yang manfaatnya semakin banyak yang melakukan kesiapan menerima siaran digital,” terang Hudiyono, mengutip laman resmi Kominfo Jatim, Selasa (15/11/2022).

Diterangkannya, selain kolaborasi dan inovasi, inisiatif juga menjadi hal yang sangat penting dalam kesuksesan program ini. Inisiatif itu bisa berupa kecepatan pemerintah kabupaten dan kota mempercepat pendistribusian STB pada masyarakat yang berhak.

“Semakin cepat penyelesaian pendistribusian STB, maka semakin cepat pula semua wilayah di Jatim menerima program siaran TV Digital,” katanya.

Terkait penghentian siaran TV analog tersebut, Hudiyono, menuturkan, pemerintah telah berupaya maksimal dengan melibatkan berbagai pihak untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Migrasi dari TV analog ke digital diyakininya akan berjalan sesuai harapan. Sebab, masyarakat justru akan diuntungkan dengan hadirnya TV digital karena tayangan gambarnya bersih, suaranya jernih dan teknologinya canggih, serta pilihan channel yang lebih banyak.

Untuk diketahui, Kementerian Kominfo telah membagi Jawa Timur menjadi sepuluh wilayah layanan dengan jadwal ASO-nya masing-masing. Hal ini tertuang dalam Permenkominfo No. 6/2019 dan Permenkominfo No. 11/2021.

Surabaya masuk dalam Wilayah Jawa Timur 1. Wilayah yang termasuk dalam Jatim 1 adalah Kota Surabaya, Mojokerto, Pasuruan, Sidoarjo, Jombang, Lamongan, Gresik, dan Bangkalan. Penghentian TV analog atau analog switch off (ASO) akan dilakukan melalaui tiga tahap, termasuk di Jawa Timur.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs