Minggu, 19 Mei 2024

Wisma Jerman Open House Luring, Kursus Bahasa Jadi Program Unggulan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana Wisma Jerman penuh dengan pengunjung saat mengadakan acara Wisma Jerman Open House, pada Minggu (21/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Wisma Jerman Open House kembali diadakan secara luring di gedung Wisma Jerman, yang lokasinya ada di Jalan Taman AIS Nasution No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, pada Minggu (21/8/2022).

Dengan mengangkat tema “Wisma Jerman weider vor Ort erleban” atau yang bermakna “nikmati kembali Wisma Jerman secara langsung di tempat”, kegiatan tersebut membuka pintu secara lebar dan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengenal lebih dalam tentang Jerman.

Mike Neuber Direktur Wisma Jerman, mengatakan bahwa Wisma Jerman merupakan pusat belajar bahasa, budaya dan ekonomi Jerman yang ada di Indonesia.

“Di Wisma Jerman ini, merupakan tempat segala sesuatu yang berhubungan dengan Jerman, terutama bahasa, budaya dan juga ekonomi,” ucapnya kepada suarasurabaya.net

Lanjut dia, bagi yang ingin belajar bahasa Jerman terdapat kelas kursus. Sedangkan, untuk program budaya, akan dikenalkan melalui berbagai macam acara, seperti seminar, workshop, konser, game, dan juga pemutaran film Jerman.

Suasana main game di Wisma Jerman saat acara Open House, pada Minggu (21/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Selain itu, Mike juga menambahkan bahwa di wisma ini terdapat kamar dagang Jerman-Indonesia. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari dukungan wisma Jerman terhadap kerjasama antara Jerman dan Indonesia dalam bidang perekonomian.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa dari beberapa program yang ada, kursus bahasa Jerman adalah program unggulan mereka. “Program unggulan saat ini adalah kursus bahasa Jerman standar Goethe Institut, karena kami mendapat sertifikasi Goethe Institut,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa Goethe Institut adalah lembaga resmi dari Jerman untuk bahasa dan budaya. “Jadi, Goethe Institut itu lembaga resmi di Jerman, dan kami merupakan mitra Goethe Institut,” tegasnya.

Direktur Wisma Jerman itu juga mengatakan, bahwa sertifikat bahasa Jerman dengan standar Goethe Institut dapat digunakan untuk tinggal di Jerman, baik itu untuk keperluan kuliah maupun kerja.

“Kami juga salah satu dari tiga organisasi yang ada di Indonesia yang bisa mengadakan ujian bahasa Jerman untuk mengeluarkan sertifikat, yang mana itu dibutuhkan untuk orang yang mau kuliah, bekerja, atau hidup di Jerman,” tukasnya.

Ia berharap, kembali diadakannya acara Wisma Jerman Open House secara luring ini dapat menjadikan orang tertarik dengan bahasa Jerman. Salah satu tujuannya, agar dapat mendukung pemuda Indonesia mencapai mimpi kuliah atau kerja di Jerman.

Pemutaran film Jerman di dalam gedung Wisma Jerman dalam acara Open House, pada Minggu (21/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebagai informasi, wisma jerman ini berdiri sejak tahun 2012, dan di Indonesia hanya ada di Surabaya. Sedangkan, untuk Goethe Institut ada juga di Jakarta dan Bandung. (ris/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version