Kamis, 25 April 2024

Zelenskyy Tegaskan Akan Terus Pertahankan Kiev dari Kepungan Rusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina. Foto: Reuters

Volodymyr Zelenskyy Presiden Ukraina menegaskan akan terus mempertahankan ibu kota Kiev dari pertempuran melawan pasukan Rusia, meskipun harus mempertaruhkan nyawa.

“Jika mereka memutuskan untuk menjatuhkan ‘karpet bom’ (pengeboman besar-besaran dari udara) dan menghapus sejarah daerah ini menghancurkan kami semua, maka mereka bisa memasuki Kiev,” tegas Zelenskyy dalam unggahan sebuah Video pada, Sabtu (12/3/2022) yang dikutip Antara.

Zelensky yang kerap tampil di media sosial dari ibu kota itu mengatakan, sejumlah kota kecil di Ukraina sudah tidak ada lagi. Invasi dan agresi militer rusia di Ukraina sendiri telah memasuki pekan ketiga.

Pengeboman dari udara telah membuat ribuan warga Ukraina, terjebak di kota-kota yang terkepung oleh pasukan Rusia. Jumlah warga Ukraina yang mengungsi ke negara-negara tetangga, sampai saat ini telah mencapai 2,5 juta orang.

Pada Sabtu (12/3/2022), Ukraina menuduh pasukan Rusia telah membunuh tujuh warga sipil, dalam serangan terhadap pengungsi perempuan dan anak-anak di dekat Kiev.

Dinas intelijen Ukraina melaporkan ketujuh warga tersebut termasuk seorang anak, tewas ketika mengungsi dari desa Peremoha dan bahwa.

Moskow telah membantah tuduhan tersebut dan balas menyalahkan Ukraina, atas kegagalan mengevakuasi warga sipil dari kota-kota yang terkepung. Meski demikian, Ukraina dan negara-negara Barat menolak keras tuduhan itu.

Zelenskyy mengatakan, Moskow sedang mengirim tentara baru setelah pasukan Ukraina melumpuhkan 31 batalion taktis Rusia. Dia menambahkan, sekitar 1.300 tentara Ukraina telah tewas dan mendesak Barat untuk lebih terlibat dalam negosiasi damai.

Di sisi lain, Amerika Serikat mengatakan akan menambah bantuan hingga 200 juta dolar (Rp2,87 triliun) dalam bentuk senjata ringan, anti tank dan anti pesawat untuk Ukraina. (ant/bil)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs