Selasa, 25 Juni 2024

1,2 Juta Dosis Vaksin Merah Putih Siap Dikirim ke 34 Provinsi Melalui Kemenkes

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ni Nyoman Tri Puspaningsih Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Community Development Universitas Airlangga (Unair) saat berada di acara pameran arsip pandemi covid-19 yang diadakan Unair di gedung merah putih area alun-alun Surabaya, pada Selasa (3/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 1.225.000 dosis vaksin Inavac buatan Universitas Airlangga (Unair) atau yang dikenal dengan vaksin Merah Putih, siap disebar ke 34 Provinsi di Indonesia.

Ni Nyoman Tri Puspaningsih Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Community Development Unair mengatakan bahwa saat ini vaksin tersebut sudah dikirim ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

“Dan siap disuntikan sebagai vaksin primer terlebih dahulu,” ucapnya saat berada di acara Pameran Arsip Pandemi Covid-19 yang diadakan Unair di gedung Merah Putih area Alun-Alun Surabaya, pada Selasa (3/1/2023).

Meskipun begitu, ia mengatakan bahwa saat ini, vaksin tersebut masih menunggu pemeriksaan dari pihak BPOM untuk dipastikan kembali keamanannya.

“Jadi setelah ada kasus sirup-sirup itu, sekarang batch produk vaksin itu dicek oleh BPOM, meskipun sudah dapat EUA (Emergency Use Authorization), supaya tidak ada risiko yang tidak diinginkan, agar aman dikirim,” jelasnya.

Vaksin Merah Putih tersebut merupakan vaksin yang siap digunakan untuk orang dewasa. Sedangkan, untuk anak-anak dan remaja, ia menyatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan penelitian.

“Tahun ini juga kalau tidak ada halangan insyaAllah kita akan lanjut lagi penelitiannya,” ujarnya.

Dia berharap, untuk vaksin Inavac yang siap untuk disebar ke 34 provinsi di Indonesia itu, dapat juga dirasakan oleh masyarakat Jawa Timur.

“Sehingga nanti kita menyurati, mungkin melalui bu Gubernur Khofifah, kepada Menkes, agar Jatim bisa mendapatkan sebagian dari dosis 1,2 juta itu, karena dikirim ke 34 provinsi,” pungkasnya.(ris/dfn)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
27o
Kurs