Senin, 29 April 2024

2.000 Meninggal dan Ribuan Orang Hilang dalam Banjir Dahsyat di Libya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Banjir dahsyat melanda Kota Derna di Libya Timur. Menyebabkan ribuan orang hilang dan kurang lebih 2.000 orang meninggal dunia. Foto: Getty Images

Banjir dahsyat terjadi di Kota Derna di Libya Timur sejak akhir pekan lalu. Setidaknya 2.000 orang meninggal dunia dan ribuan lainnya hilang akibat bencana ini.

Dilansir dari Reuters, Ahmed Mismari selaku juru bicara Tentara Nasional Libya (LNA) mengatakan, bencana ini terjadi akibat bendungan di Kota Derna yang ambrol. Menghanyutkan ribuan orang ke laut.

Menurut Ahmed Mismari dalam keterangan resminya pada Senin (11/9/2023) kemarin, jumlah orang yang hilang diprakirakan mencapai 6.000 orang,

Sementara itu, Osama Hamad kepala pemerintahan Libya Timur mengungkapkan bahwa 2.000 orang meninggal dan ribuan lainnya hilang dalam insiden ini.

“Jumlah korban hilang mencapai ribuan dan korban meninggal dunia kurang lebih 2.000 orang. Seluruh desa di Derna lenyap, bersama dengan penduduknya. Seluruhnya dihanyutkan air,” ungkap Osama Hamad kepada al-Masar TV.

Sementara itu, Georgette Gagnon koordinator kemanusiaan PBB untuk Libya mengatakan bahwa laporan awal menunjukkan bahwa puluhan desa dan kota terkena dampak parah. Selain menelan korban jiwa, bencana ini juga menyebabkan kerusakan infrastruktur.

Menurut Aljazeera, banjir bandang dahsyat di Libya bagian timur tersebut disebabkan oleh Badai Mediterania Daniel. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs