Rabu, 1 Mei 2024

45 Hektare Hutan di Gunung Penanggungan Terbakar pada Kamis

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kebakaran di Gunung Penanggungan tampak dari Perumtas 4 Jambangan, Candi, Sidoarjo. Foto: Istimewa

Gunung Penanggungan di Trawas, Mojokerto mengalami kebakaran hutan pada Kamis (2/11/2023). Api masih membara hingga Kamis malam. bahkan kobaran apinya terlihat hingga Sidoarjo.

Gatot Soebroto Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim) melaporkan, kebakaran terjadi di blok petak 1 area Gunung Penanggungan mulai pukul 14.21 WIB.

Menurut Gatot, kebakaran masih terjadi hingga Kamis pukul 20.30 WIB. Dan Petugas masih berusaha untuk memadamkam api tersebut.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak setempat. Hingga saat ini, masih terlihat kepulan asap dan pihak terkait melakukan pemantauan,” terangnya.

Gatot menambahkan, hingga saat ini luas area yang terbakar seluas 45 hektare. Dengan jenis vegetasi yang terbakar adalah semak belukar.

Sebanyak 141 personel tim gabungan dari BPBD Jatim dan Mojokerto berkoordinasi dengan Perhutani dan pihak terkait lainnya serta melakukan pemantauan.

“Tim Gabungan sebanyak 141 personil yang terdiri dari Perhutani, Muspika, LMDH, dan masyarakat sekitar terlibat dalam pemadaman dengan gepyok maupun penyemprotan. Serta pembuatan sekat bakar ilaran agar api tidak meluas,” terang Gatot. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs