Senin, 29 April 2024

53 Jurnalis Ikuti Pelatihan dan Uji Kompetensi Wartawan di Kediri, Begini Sulitnya Taklukkan Penguji

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Salah satu kelompok jurnalis televisi dalam acara Pelatihan Jurnalistik dan Ujian Kompetensi Wartawan di Kediri, Jumat (13/10/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net Salah satu kelompok jurnalis televisi dalam acara Pelatihan Jurnalistik dan Ujian Kompetensi Wartawan di Kediri, Jumat (13/10/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sebanyak 53 jurnalis di Jawa Timur harus menunjukkan profesionalitasnya di hadapan para penguji Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Lembaga Pers Dr. Soetomo dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia di Kediri, Jumat (13/10/2023).

Rentetan tantangan dari para penguji harus ditaklukkan peserta masing-masing jenjang mulai Muda, Madya, dan Utama demi lolos UKW.

“Sulit sih karena harus mengerjakan belasan tugas sepertinya ya dari pagi sampai sekarang dengan persiapan waktu yang terbatas. Dikasih tugas sekarang, berapa menit harus tuntas,” ujar Wildan reporter Suara Surabaya salah satu peserta jenjang Muda, Jumat (13/10/2023).

Meski rata-rata materi yang diujikan, sesuai dengan kegiatan redaksi sehari-hari, namun singkatnya durasi membuat para peserta berlomba cepat menuntaskan tugas.

“Sebenarnya nggak sesusah itu, tapi karena terbatas waktu dan agenda padat, menjadikan harus tetap fokus dalam waktu lama. Mungkin itu susahnya,” ujar Emilia, wartawan Radar Kediri.

Pantauan suarasurabaya.net, ujian yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB tadi, hingga 18.37 WIB belum tuntas. Puluhan peserta yang dibagi dalam kelompok-kelompok masih sibuk di meja masing-masing. Padahal, dalam jadwal seharusnya tuntas pukul 18.00 WIB.

Diketahui, ujian dilaksanakan dua hari hingga besok. Sebelumnya semua peserta sudah mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar kemarin, Kamis (12/10/2023). (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs