Kamis, 2 Mei 2024

Ada Tujuh Kategori yang Dilombakan di Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Piala penghargaan jurnalistik Adinegoro.

Merawat Kebangsaan dan Demokrasi menjadi tema Anugerah Jurnalistik Adinegoro tahun ini. Ini merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik di Indonesia.

“Tema tersebut sangat relevan dengan persoalan bangsa hingga kini,“ ujar Atal S. Depari Ketua PWI Pusat.

Ia menjelaskan bahwa teman itu diangkat dari kutipan Adinegoro pada 1953. Akan tetapi, kata Atal, tema itu jangan diartikan selalu berkaitan dengan politik.

“‘Seorang jurnalis bisa menjadikan tema besar tersebut dari segala sisi kehidupan. Bisa juga dikaitkan dengan bidang lain, termasuk juga budaya dan human interest,” terangnya.

Terdapat tujuh kategori di Anugerah Jurnalistik Adinegoro tahun ini. Ketujuh kategori itu adalah Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media cetak (AA1). Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media siber (AA2).

Lalu Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media televisi (AA3), Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media radio (AA4).

Kemudian Karya Foto Jurnalistik untuk Media Cetak dan Media Siber (AA5), Karya Karikatur Opini untuk Media Cetak dan Media Siber (AA6), dan Karya Jurnalistik Video Media Sosial (AA7).

Sebagai catatan, panitia menekankan, karya indepth reporting atau liputan berkedalaman – baik media cetak, media siber, media televisi, media radio, maupun video media sosial – tidak bersambung/tidak berseri.

Para peserta dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan di media cetak, media siber, media televisi, media radio, atau media video media sosial periode 1 Desember 2022 hingga 30 November 2023.

Pengiriman naskah dibuka pada 1 Oktober 2023 dan ditutup pada 30 November 2023.

Penjurian berlangsung pada bulan Desember dengan dewan juri terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Rita Sri Hastuti Ketua Panitia Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 mengatakan, pemenang setiap kategori akan mendapatkan hadiah sebesar Rp35 juta.

“Kami harapkan kalangan jurnalis Indonesia berpartisipasi dan ikut serta dalam penghargaan bergengsi ini tanpa melupakan Kode Etik Jurnalistik,” ujar Rita. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
30o
Kurs