Jumat, 26 April 2024

Addie MS Siap Persembahkan Selawat dan Dzikir Orkestrasi Pertama Kali yang Dikebut Dua Bulan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Addie MS komponis, Senin (6/2/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Addie MS komponis terkenal siap mempersembahkan orkestrasi garapannya yang dikolaborasikan dengan selawat dan dzikir dalam gelaran Harlah Satu Abad NU besok, Selasa (7/2/2023).

Tak hanya waktu persiapan yang singkat, namun kesempatan kali ini sekaligus menjadi tantangan. Belum pernah mengalami mau pun mendengar sebelumnya ada selawat dan zikir yang di orkestrasi.

“Sebenarnya persiapan termasuk singkat untuk acara sebesar ini amat sangat singkat. Dari awal saya dihubungi sampai sekarang cuma dua bulan nggak sampai ,” kata Addie ditemui suarasurabaya.net, Senin (6/2/2023).

Sepanjang referensi yang ia cari, belum pernah ditemukan orkestra simfoni dikolaborasikan untuk mengaransemen atau mengiringi penampilan zikir mau pun salawat.

“Biasanya kegiatannya kalau dihubungkan dengan kesenian lagu atau mirip lagu itu kan pastinya salawat dan zikir. Saya musik dan orkestra simfoni sesuatu yang mungkin tidak pernah atau mungkin pernah tapi saya belum dapat referensinya kapan dilakukan,” kata Addie lagi.

Meski begitu ia tak menyerah. Tantangan itu ia selesaikan hingga kesiapan 99 persen menjelang beberapa jam sebelum harlah dimulai.

“Mengorkestrasikan selawat itu bukan hal yang mudah. Ini karena mengenai keagamaan jadi saya amat sangat hati-hati,” imbuhnya.

Addie MS berharap kerja kerasnya bisa diterima penonton.

“Saya selalu terharu, istri saya sampai nangis waktu dengar Allah Hay itu. Proses pembuatan aja sudah mengharukan. Saya tidak tahu nanti Nahdliyin itu apakah berkenan atau tidak. Semoga berkenan, saya sudah berusaha sehati-hati mungkin dan sekeras mungkin. Saya serahkan pada masyarakat dan nahdliyin,” imbuhnya. (lta/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs