Senin, 29 April 2024

Akhir Pekan, BMKG Prakirakan Sejumlah Provinsi Diguyur Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, di sebagian provinsi di Indonesia pada akhir pekan, Minggu (19/11/2023).

Dalam keterangan yang dilansir Antara, provinsi yang diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ada di Aceh, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku Utara.

Kemudian Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Hartanto Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II di Jakarta, pada Minggu, mengatakan puncak musim hujan Indonesia diprakirakan pada Januari dan Februari 2024.

Sementara itu, lanjutnya, wilayah Jakarta dan sekitarnya telah memasuki musim hujan pada November 2023. Oleh karena itu, kata dia, masyarakat serta pejabat terkait diimbau untuk mengantisipasi sejumlah potensi dampak musim hujan.

“Kami melihat bahwa potensi hujan deras di beberapa tempat sudah terjadi. Kami juga mengimbau pohon-pohon di daerah lintasan aktivitas manusia agar dirapikan, agar tidak terjadi pohon tumbang,” ujar Hartanto.

Menurutnya saat ini potensi bencana tidak hanya terpaku pada satu jenis bencana, melainkan multi-bencana atau multihazard. Potensi bencana dari musim hujan dapat berlangsung bersamaan seperti banjir dan tanah longsor. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs