Kamis, 25 April 2024

Amnesty International: Bantuan Gempa Suriah Dihadang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Amina Raslan seorang Warga Suriah sedang duduk bersama anak dan cucunya di rumah anaknya yang sebagian rusak akibat gempa di Suriah, Senin (13/2/2023). Foto: Reuters

Pemerintah Suriah dan pasukan pemberontak dukungan Turki menghadang lebih dari 100 truk pembawa bantuan kemanusiaan masuk ke dua zona di Provinsi Aleppo yang dilanda gempa, ungkap Amnesty International, Senin (6/3/2023).

Bantuan yang meliputi makanan, pasokan obat, tenda dan bahan bakar itu dikirim oleh otoritas Kurdi, kata kelompok HAM tersebut.

Menurutnya, pemerintah Suriah mencegat masuk 100 truk pengangkut bantuan ke daerah-daerah yang mayoritas Orang Kurdi di Kota Aleppo.

Melansir dari Antara, di wilayah utara, pemberontak menghadang 30 truk pengangkut bahan bahan dan bantuan lainnya masuk ke Afrin, wilayah kantong yang dikuasai pasukan Turki dan pemberontak sekutu sejak mereka mengusir pejuang Kurdi pada 2018.

Sekitar 5.700 orang tewas akibat gempa 6 Februari dan gempa susulan di Suriah, di mana konflik 12 tahun telah memecah belah negara tersebut dan pengiriman bantuan di wilayah-wilayah yang diperselisihkan mengalami masalah.

Provinsi Aleppo dibagi menjadi zona yang dikuasai pemerintah, Kurdi dan pemberontak.

“Penghalang bantuan penting bermotif politik ini memiliki dampak yang tragis, terutama untuk tim pencarian dan pemulihan yang membutuhkan bahan bakar untuk menggunakan mesin,” kata Aya Majzoub wakil direktur Amnesty International untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Majzoub mengatakan semua pihak bertikai harus menjamin bahwa warga sipil “memiliki akses tak terbatas untuk memperoleh bantuan.”

PBB dan organisasi kemanusiaan lainnya juga mengkritik pasukan Islamis garis keras di wilayah utara karena menghadang bantuan yang datang dari zona kekuasaan pemerintah.

Sejauh ini sebagian besar bantuan untuk daerah kekuasaan oposisi di Suriah melintasi tiga penyeberangan perbatasan dengan negara tetangga Turki – dua di antaranya dibuka atas izin Bashar Al Assad Presiden Suriah.

Bantuan yang masuk ke zona kekuasaan pemerintah diangkut melalui pesawat, truk dan jalur laut.(ant/abd/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs