Jumat, 3 Mei 2024

Antisipasi El Nino, BUMN Gelar Pasar Murah di Surabaya Bagikan Tiga Ribu Sembako

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN waktu ditemui di Tugu Pahlawan Surabaya dalam gelaran operasi Pasar Murah, Minggu (13/8/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dampak kekeringan akibat fenomena El Nino membuat pemerintah melakukan antisipasi ketahanan pangan. Salah satunya melalui gerakan “Pasar Murah” yang diselenggarakan BUMN di Surabaya, Minggu (13/8/2023) hari ini, di Monumen Tugu Pahlawan.

Erick Thohir Menteri BUMN menuturkan, dalam kegiatan Pasar Murah ini pihaknya menggelontorkan tiga ribu paket sembako kepada masyarakat. Tujuannya untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Instruksi dari bapak presiden ini ada El Nino, artinya apa? Musim yang mungkin keringnya panjang, nah karena itu kita harus waspada. Waspada apa? Sentra produksi bisa saja berkurang,” ucap Erick di Surabaya.

Dalam operasi pasar murah yang digerakkan oleh PT. Pupuk Indonesia dan Pelindo ini, Erick Thohir menyatakan kalau BUMN siap menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Menurut Erick, kondisi ketahanan pangan di Indonesia untuk sekarang ini dinilai aman. Namun, lanjutnya, pemerintah harus mewaspadai dengan menjaga harga pangan tetap stabil.

Menteri BUMN itu menargetkan gerakan operasi pasar murah ini dilakukan sebanyak-banyaknya di berbagai kota. “Nanti ya sebanyak-banyaknya kota. Kalau bisa 30, ya 30 kota,” imbuh Erick.

Dalam operasi pasar murah BUMN ini, masyarakat menukar kupon seharga Rp40 ribu yang tersedia sebanyak tiga ribu kupon. Dengan paket sembako berisi lima kg beras, satu kg gula, dan satu liter minyak goreng yang setara dengan harga Rp96,5 ribu.

Erick mengatakan, gerakan pasar murah ini juga menggandeng sejumlah stakeholder. Yaitu dari pemerintah daerah dan kementerian terkait. Sesuai arahan Joko Widodo Presiden, Erick berharap operasi pasar murah ini bisa mengurangi beban masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pangan.

“Ini hanya bagian mencoba memberikan solusi, kita bukan menyelsaikan seluruh masalah,” tuturnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs