Jumat, 3 Mei 2024

Antisipasi Kemarau, Mentan Berharap Petani Percepat Lagi Penanaman Padi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Panen gabah kering giling. Foto: Antara

Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian (Mentan) berharap petani yang sudah panen segera mempercepat penanaman padi kembali mengingat persediaan air yang masih ada di tengah musim hujan.

Hal tersebut juga dimaksudkan agar tanaman padi tidak mengalami kekeringan di musim kemarau mendatang.

“Harapan kami memang Maret sampai April adalah puncak-puncak menyelesaikan panen dan habis itu percepat tanam kembali mumpung airnya masih ada,” kata Mentan usai mendampingi Joko Widodo Presiden dalam panen Raya di Kabupaten Kebumen, Kamis (9/3/2023) dikutip Antara.

Ia mengatakan secara umum produktivitas padi tahun ini berjalan dengan baik, di mana rata-rata produksi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Menurutnya ada sekitar 10 juta hektare yang tahun ini dilakukan panen serentak di seluruh Indonesia.

“Data panen yang paling tinggi akan masuk pada Maret dan April. Dan kita berharap kurang lebih 10 juta hektare penanaman itu, secara serentak akan panen bersama dalam waktu dekat. Karena itu produktivitas kita cukup dan telah tervalidasi melalui data BPS, kemudian satelit standing crop dan laporan daerah,” katanya.

Sebagaimana diketahui, produksi padi nasional tahun 2022 mencapai 54,75 juta ton GKG atau mengalami kenaikan sebanyak 333,68 ribu ton atau 0,61 persen apabila dibandingkan produksi 2021 yang hanya 54,42 juta ton GKG.

Sedangkan luas panen pada 2022 mencapai 10,45 juta hektare mengalami kenaikan sebanyak 40,87 ribu hektare atau naik 0,39 persen apabila dibandingkan dengan luas panen 2021 sebesar 10,41 juta hektare. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs