Selasa, 7 Mei 2024

Arus Penyeberangan Merak-Bakauheni Lancar, Legislator Apresiasi Kerja Pemerintah

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Saleh Partaonan Daulay Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Saleh Partaonan Daulay Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI mengatakan, Pemerintah dan masyarakat patut bersyukur karena sejauh ini mudik lebaran berjalan lancar.

Mobilitas masyarakat yang sangat tinggi memang tidak bisa dihindari. Apalagi setelah dua lebaran terakhir pandemi Covid-19 sedikit menjadi penghalang untuk mudik. Tidak heran, tahun ini ada arus mudik yang cukup besar ke berbagai daerah di Pulau Jawa dan Sumatra.

Kata Saleh, satu di antara yang perlu disoroti adalah lalu lintas penyeberangan antar pulau. Antara Merak dan Bakauheni, misalnya, tidak ada kemacetan.

Penumpukan kendaraan tidak terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya. Antrean hanya untuk mengatur kendaraan yang masuk ke dalam Kapal Ferry.

“Dulu, tiga tahun dan sebelum-sebelumnya, penyeberangan tersebut sangat padat. Bahkan, bisa jadi ada yang sampai bermalam menunggu antrean. Sekarang, fenomena itu sudah tidak ada. Padahal, hari raya tinggal 1 atau 2 hari lagi. Artinya, tingkat arus mudik paling tinggi sudah hampir selesai,” ujar Saleh dalam keterangannya, Kamis (20/4/2023).

Menurut Saleh, kondisi itu tidak lepas dari kinerja berbagai pihak, terutama BUMN ASDP yang mengatur urusan Ferry secara langsung.

Atas arahan Menteri BUMN, ASDP membuat digitalisasi pelayanan. Khususnya ticketing penyeberangan. Masyarakat sekarang bisa membeli tiket penyeberangan secara online.

“Sebelum sampai di pelabuhan, mereka yang mau menyeberang sudah beli tiket. 90 persen penyeberang beli tiket secara online. Karena itu, sesampai di pelabuhan, tidak perlu turun. Langsung masuk ke baris antrean. Petugas hanya mengecek tiket dan jumlah penumpang,” jelasnya.

Walau pun kelihatan sederhana seperti itu, tapi dampaknya luar biasa. Mengurangi penumpukan dan antrean. Para pemudik merasa nyaman.

“Semua Tenaga Ahli saya mudik ke Sumut lewat jalur Bakauheni. Mereka menceritakan ke saya kalau perjalanan lancar. Dan mereka bilang kinerja BUMN dan ASDP perlu diapresiasi,” tegasnya.

“Selain itu, saya mendengar bahwa Erick Thohir menteri BUMN sangat sering melakukan pengecekan ke Bakauheni. Pasalnya, di tempat itu sedang dibangun Bakauheni Harbour City. Ada juga Krakatau Park yang pada tanggal (22/4/2023) akan dilakukan soft opening-nya. Bahkan sebelumnya, tanggal (18/3/2023) Erick Thohir telah meresmikan masjid di kawasan tersebut,” imbuhnya

Saleh menjelaskan, pelabuhan Bakauheni dan Merak nanti tidak lagi membosankan. Tetapi justru akan menyenangkan.(faz/iss/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
28o
Kurs